Lomba Cipta Media KOMED Banten Ajang Kreativitas Para Guru

Sabtu lalu atau tepatnya 26 September 2019, KB Bina Insan Firdaus Gelamjaya Kab. Tangerang terlihat lebih meriah dari biasanya. Atribut spanduk dan backdrop penanda kegiatan Lomba Cipta Media KOMED Banten segera dilaksanakan. Persiapan apik dari panitia acara sejak sehari sebelum kegiatan terlihat sangat matang, sehingga lokasi area lomba sudah tertata dengan baik dan nyaman.
Lomba Cipta Media Pembelajaran ini merupakan rangkaian Lomba tingkat Nasional, tidak hanya Banten, KOMED Jabodebek dan Bandung juga akan diadakan Lomba yang serupa. Pada Lomba ini, guru – guru hanya membawa alat dan bahan saja. Mereka diberi waktu kurang lebih 2 jam untuk membuat media pembelajaran.
Acara LCM Komed banten dihadiri oleh kurang lebih 50 tim peserta dari guru-guru PAUD Dan SD. Peserta mulai berdatangan dari pukul 07.00 dengan membawa perlengkapan lomba yang beragam, wajah-wajah ceria penuh semangat dan antusias semakin indah menghias pagi hari yang cerah.
Tepat pukul 08.30 acara dibuka oleh Bu Yuni dan bu Umi yang juga menjadi MC dan  membuat hidup suasana acara, kemudian dilanjutkan oleh lantunan suara merdu dari bu Mulyani yang dengan khusyu membacakan ayat suci Al-Qur’an. Tak lupa untuk menumbuhkan rasa Nasionalisme, Bu  Eliyana dari MTs Al Firdaus memimpin para peserta dan panitia untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Acara-acara protokoler disampaikan dari mulai sambutan dan pembacaan _rundown acara LCM KOMED Banten_. Sambutan disampaikan oleh Ibu Siti Rohmah selaku Ketua Himpaudi Kec. Pasar Kemis, kemudian sambutan dari Bapak Mulyadi sebagai Direktur SLI dan yang terakhir dari bu Intan Nurul Hikmah, MBA. sebagai Ketua Himpaudi Kab. Tangerang.
Masuk ke acara Inti yaitu lomba Cipta Media, peserta dihibur terlebih dahulu oleh _ice breaking_ dari Bu Umi Barokah agar suasana tegang Lomba sedikit mencair dan peserta lebih santai untuk berlomba. Acara Lomba berlangsung selama 2 jam, peserta diberi waktu membuat media kreatif secara _on the spot_. Peserta sangat antusias menyelesaikan media-medianya, meski hanya 2 jam waktu yang ditentukan tapi tak mengurangi kualitas media yang mereka buat, dan hasilnya membuat bingung para juri karena media yang dibuat unik-unik dan bagus-bagus juga.
Sambil menunggu hasil perlombaan Media, para peserta dimanjakan oleh pameran karya media guru-guru KOMED terdiri dari 100 poster karya media yang sudah dihasilkan selama beberapa tahun ini.
Setelah puas melihat-lihat poster media pembelajaran , para peserta diberi asupan ilmu dengan Workshop Doodle Art dan Magic Sains yang dipandu oleh Para Rangers Bogor yaitu Bu Euis dan Bu Astari.
Menjelang sore hari acara workshop selesai dan tiba waktunya untuk pengumuman para juara Lomba Cipta Media KOMED Banten tahun 2019. Kedua juri lomba yaitu Pak Eko dan Pak Pedri sudah siap di depan para peserta yang sudah dikumpulkan kembali di area lomba. Dari hasil debat seru para juri, maka diputuskan pemenang lomba adalah
Juara 1 Media Kartun (Kereta Unik) hasil karya KB Assolihin, Juara 2 Media Papan Pintar karya KB Arraihan, Juara 4 Media Mancing Ceria karya KB Qurota ayun, Juara Harapan 1 Media Bunga-bunga metamorfosis karya KB Bina Insan dan Juara Harapan 2 karya KB Nurul Hidayah.
Acara Lomba berakhir dengan wajah-wajah puas dari para Juara dan Panitia yang sudah sukses menyelenggarakan Lomba Cipta Media KOMED Banten tahun 2019 dengan harapan kegiatan ini menjadi motivasi dan inspirasi kepada para peserta untuk selalu menjadi guru yang produktif berkarya dan menginspirasi siswa-siswinya melalui media yang menarik, kreatif dan inovatif

Komentar

komentar