Literasi Camp, Tingkatkan Budaya Literasi

Oleh: Agung Rakhmad Kurniawan

Konsultan Relawan (KAWAN) Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Penempatan Kalimantan Barat

 

Engkerengas – Program Pendampingan oleh Konsultan Relawan (KAWAN) Sekolah Literasi Indonesia (SLI) tepatnya di Desa Engkerengas, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat,  mengadakan kegiatan bersama yang melibatkan semua elemen masyarakat. Kegiatan kali ini bertajuk, LITERASI CAMP, Kemahnya Anak JUARA. Literasi Camp dilaksanakan dalam menyosialisasikan nilai sekolah yang baru terbentuk yakni JUARA (Jujur, Peduli, Amanah, Kreatif, dan Berakhlak). Acara yang dibuka langsung oleh Hasyim, Kepala Desa Engkerengas, ini melibatkan siswa dari beberapa sekolah. Lomba-lomba bertajuk literasi diadakan mulai dari lomba membaca puisi sampai menulis cerita ditambah lomba-lomba kekompakan antar tim. Literasi Camp juga mengaktifkan kembali karang taruna dengan melibatkan dalam berbagai macam kegiatan di dalamnya. Harapan dari kegiatan yang diadakan kali ini masyarakat dapat bekerjasama dalam membudayakan literasi khususnya dalam bersinergi dengan sekolah untuk mengembangkan nilai JUARA.

Selain itu Literasi Camp mempunyai tujuan untuk membudayakan literasi untuk semua kalangan masyarakat mulai dari literasi Al-Quran sampai literasi pengetahuan secara umum. Tingkat membaca yang rendah di Indonesia perlu diperhatikan beserta solusi mengatasi permasalahn tersebut. Dengan banyaknya kegiatan yang bertajuk literasi dalam meningkatkan budaya membaca salah satunya membuat  harapan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia menjadi semakin baik ke depannya.

Hadirnya program SLI melalui KAWAN yang dikirimkan menginjak tahun kedua menambah harapan untuk perkembangan dan peningkatan kualitas sekolah guna menjunjung perkembangan literasi dan mengembangkan budaya lokal daerah di dalamnya. Pendidikan harus dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri guna menjadikan generasi yang akhirnya bermanfaat untuk masyarakat ke depannya.

Komentar

komentar