Konferensi Nasional Riset Manajemen VIII

“Inovasi Berbasis Kearifan Lokal”
11 Oktober 2014
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
Denpasar, Bali

Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil riset pada Konferensi Nasional Riset Manajemen VIII bertema “Inovasi Berbasis Kearifan Lokal” di Denpasar, Bali. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara PPM School of Management dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana yang diselenggarakan pada 10–11 Oktober 2014.

Pada tanggal 10 Oktober 2014, pemakalah maupun peserta yang telah mendaftar diwajibkan untuk melakukan registrasi di Universitas Udayana. Pada tanggal 11 Oktober 2014, Konferensi Nasional Riset Manajemen VIII berlangsung dari pukul 07.30 – 18.00 WITA di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Kegiatan tersebut dibuka dengan tarian “Sri Sendana” yang dibawakan oleh Civitas Akademika Universitas Udayana. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Martinus Sulistio Rusli, Ph D., Ketua PPM School of Manajemen dan Prof. Dr I Gusti Bagus Wiksuana, S.E., M.S., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Tak ketinggalan Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, SE., M.Si, menyampaikan keynote speech-nya tentang kearifan lokal masyarakat Bali, serta Founder PT. Pendekar Bodoh – D’Cost, Ir. Christian Wijaya, MM, sebagai invited speaker yang menyampaikan tentang sejarah dan perkembangan D’Cost.

Pada konferensi tersebut Makmal Pendidikan diwakili oleh Yulya Srinovita, Supervisor Riset dan Advokasi, mempresentasikan hasil riset yang berjudul “Analisis Dampak Program Pemberdayaan Berbasis Kearifan Lokal (Program Desa Produktif Dompet Dhuafa) Terhadap Peningkatan Kesejahteraan  Masyarakat Desa Rowosari, Semarang”. Sekolah Desa Produktif (SDP) merupakan salah satu program pengembangan generasi muda dalam memahami masalah bangsa yang langsung bersinggungan dengan masyarakat akar rumput sekaligus sarana untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat secara langsung. Program tersebut dilaksanakan oleh Beastudi Indonesia yang merupakan salah satu jejaring di Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa.

Ada 58 judul paper yang terpilih dan dipresentasikan dari total 99 paper yang masuk ke dalam konferensi tersebut. Para pemakalah rata-rata memiliki latar belakang sebagai Dosen dan mahasiswa S2 dari berbagai universitas di Indonesia. Presentasi dibagi ke dalam 7 komisi yang mewakili bidang SDM & Operation, Kewirausahaan, Stratejik, Pemasaran, Pemasaran & Keuangan, dan Keuangan. Setiap judul paper dipresentasikan dalam waktu 15 menit, dan 10 menit untuk sesi tanya jawab. Setiap komisi dipimpin oleh satu moderator yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Udayana dan PPM School of Manajemen. Seusai presentasi, tak lupa para pemakalah saling bertukar kartu nama dan informasi mengenai riset. Kegiatan tersebut juga menjadi ajang untuk memperkenalkan Dompet Dhuafa pada umumnya dan Makmal Pendidikan pada khususnya, serta mempromosikan Jurnal Pendidikan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa kepada sesama pemakalah dan peserta.

Kegiatan tersebut ditutup dengan pengumuman Best Paper, yang merupakan tiga paper terbaik yang dipresentasikan oleh para pemakalah di Konferensi Nasional Riset Manajemen VIII, sesi foto bersama, serta pembagian sertifikat bagi para pemakalah dan peserta [Dewi].

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.