Kegiatan Pelatihan Paikem Berbasis Literasi Dan Penilaian Otentik Berbasis Kelas

Program Pendampingan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa- Mis Mis Fathussa’adah

Oleh: Ihsan Maulana,S.Kom

Sukaraja, 28-29 September 2015 – Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa melalui program pendampingannya kembali mengadakan pelatihan bagi sekolah MI Fathussa’adah. Pelatihan yang dilakukan selama dua hari ini berisikan materi tentang Strategi PAIKEM berbasis LITERASI yang disampaikan oleh bapak Ahmad Sucipto SPd dan PENILAIAN OTENTIK Berbasis Kelas yang di sampaikan oleh bapak RUDY PURWANTO,S.Si. Beliau berdua merupakan trainer trainer yang expert di bidangnya masing masing.  Ibu Hj.R.A. Rodiah sekalu kepada madrasah melalui sambutannya mengatakan bahwa pelatikan kali ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi guru – guru terkait dengan masalah literasi dan penilaian . Sehingga di haparkan kedepannya guru – guru bisa mengemas materi dari berbagai pelajaran dengan berpacu pada PAIKEM ( Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif,Efektif dan Menyenangkan) bagi siswa. Selain itu guru guru diharapkan dapat melakukan penilain terhadap siswa  secara menyeluruh meliputi domain kognitif, Afektif dan psikomotorik.

Pada pelatihan hari pertama yang  bertemakan “PAIKEM BERBASIS LITERASI”, dibagi menjadi beberapa sesi. Pada sesi pertama di buka oleh pembawa acara ( iwan darmawan,S.Pd.I ) dengan pembacaan Umul Qur’an. Selanjutnya dilakukan Ice Breaking untuk mencairkan suasana. Ice Breaking di pandu oleh bapak Abdul Kadir dengan semnagat dan ceria.

Pada sesi pertama ini pula bapak Ahmad Sucipto SPd memaparkan perbandingan antara belajar aktif vs belajar pasif. Dimana menurut beliau cara guru mengajar didalam kelas bukan hanya menggunakan metode ceramah saja melainkan guru melibatkan semua siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Pada sesi kedua ini, peserta tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan namun sekaligus praktek mengerjakan tugas yang diberikan oleh pemateri terkait dengan materi PAIKEM Berbasis literasi. Tugas yang berupa pembuatan soal literasi yang dikemas dalam pembelajaran yang Aktif , Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan diikuti peserta dengan antusias dan bersemangat.
hari berikutnya 29 september 2015, pelatihan pun dilanjutkan dengan materi yang berbeda. Pada pelatihan kali ini bertemakan  PENILAIAN OTENTIK Berbasis Kelas. Pelatihan yang di buka pada pukul 09.00 ini seperti biasa di awali dengan ice breaking untuk mencairkan suasana. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaikan materi oleh bapak RUDY PURWANTO,S.Si selaku pemateri pada hari itu. Pelatihan sesi pertama ini berisikan tentang pemaparan materi dan pembuatan  contoh model Penilaian Otentik Berbasis Kelas (POBK) dengan menggunakan beberapa teknik dan instrumen.
pada sesi  kedua  ini pemateri menyampaikan  teknik  dan instrumen  dari   Penilaian Otentik Berbasis Kelas. Teknik POBK yang dijelaskan diantaranya Unjuk Kerja (Performance), Penugasan (Project), Hasil Kerja (Product), Tertulis (Paper & Pencil), dan Portofolio. Selain itu pemateri menjelaskan bahwa POBK memiliki ciri ciri diantaranya Belajar Tuntas, Otentik, Berkesinambungan, Berdasarkan Acuan Kriteria / Patokan, Menggunakan Berbagai Cara dan Alat Penilaian. Pada sesi ini guru   guru sebagai peserta  terlibat langsung dalam melakukan  teknik POBK tersebut.

Pada sesi ke tiga dimana merupakan sesi akhhir  dari pelatihan tersebut  guru  – guru   diajak untuk mengisi  post test  untuk mengetahui sejauh mana pemahaman guru  atas materi yang sudah   didapatkan.  Selain itu di akhir acara guru di ajak untuk merefleksi hasil dari pelatihan yang sudah didapatkan.

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.