Keberkahan dari Sebuah Sedekah

Menafkahkan harta di jalan Allah memang tidak selalu mudah. Kadang ada ujian, godaan, atau hambatan lainnya yang membuat kita enggan bersedekah dari harta yang kita miliki. Namun tentu saja, dibalik sulitnya hal tersebut, selalu ada kemudahan. Apalagi di bulan Ramadan di mana semua pahala dilipatgandakan, rasanya sayang jika bersedekah dilewatkan begitu saja. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya sedekah lebih mudah dilakukan, di antaranya:

 

Jangan Ragu Bersedekah Walaupun Kecil

Terkadang, keraguan bersedekah muncul karena kita malu dengan jumlah yang kita sedekahkan. Hal ini harus ditepis. Pahamilah bahwa walaupun kecil, tapi berasal dari rezeki halal kita serta niat ikhlas untuk konsisten melakukannya, pasti akan membawa keberkahan dan pahala yang besar bagi kita.

 

 

Buat Anggaran Khusus untuk Kita Bersedekah

Jika memang berniat bersedekah, ada baiknya membuat tabungan khusus agar bisa konsisten bersedekah. Niatkan dan lakukan secara konsisten bahwa tabungan tersebut memang untuk bersedekah. Namun, jika kita tidak bisa melakukan cara ini, maka jangan tunda sedekah agar amalan bisa langsung kita laksanakan.

 

 

Meneladani Nabi dan Sahabat

Agar bisa mendapatkan makna bersedekah, kita bisa mepelajari bagaimana Nabi dan para Sahabat dalam menginfakkan hartanya di jalan Allah. Bagaimana Umar Bin Khattab, Abu Bakar, Utsman, tidak ragu menggelontorkan hartanya untuk mereka yang membutuhkan. Mereka adalah teladan terbaik dalam bersedekah.

 

Semoga rezeki kita semakin berkah dengan bersedekah! Jangan ragu mengeluarkan sebagian harta kita untuk memberi manfaat pada sesama, di bulan Ramadan ini Allah akan menggantinya dengan keberkahan berkali-kali lipat.

 

Komentar

komentar