Keberhasilan Pelajar Kebumen Merancang Ide Proyek Sosial

Kebumen – Pada Sabtu (19/03) Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen diramaikan oleh ratusan pelajar tingkat SMA sederajat. Ratusan pelajar dari 25 sekolah di Kabupaten Kebumen  mengikuti Training Cerdas Sosial (TCS) yang diadakan Dompet Dhuafa Pendidikan. Pelajar Kebumen berhasil merancang ide kreatifnya untuk dilaksanakan dalam bentuk proyek sosial. Ada 14 ide kreatif yang dirancang oleh 133 pelajar Kebumen yang hadir pada TCS kala itu.

Salah satu ide yang terpilih sebagai ide terbaik saat TCS berlangsung yakni “Bank Handphone”. Ide tersebut memenuhi kriteria penilaian yaitu keunikan ide, kemudahan, dan ketepatan dalam pelaksanaan proyek sosial serta dampak yang dihasilkan dalam proyek tersebut.

“Penyampaian materi langsung ke teknis membuat pelajar Kebumen mudah memahami materi dan ide kreatif mulai bermunculan,” kata Maulina, Direktur Neoramdhanz Indonesia sekaligus mitra Dompet Dhuafa Pendidikan dalam pelaksanaan TCS. Materi yang disampaiakan saat TCS meliputi teknik pembuatan proyek sosial. Dimulai dari memunculkan ide, pencarian dana, serta publikasi dalam bentuk film dokumenter.

Ide kreatif yang dihasilkan saat TCS ini akan diwujudkan sebagai aksi nyata. “Pelajar harus beraksi. Aksi nyata ini menjadi salah satu bukti kepedulian pelajar terhadap lingkungannya. Kalau bukan kita, para pelajar dan para pemuda, siapa lagi yang peduli ?” ujarnya.

Andi Angger menjelaskan hasil rancangan ide proyek sosial ini akan ditindaklanjuti untuk diikutsertakan dalam “Social Project Competition 2016”. Rencananya Social Project Competition 2016 akan digelar Oktober 2016. Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti Social Project Competition 2016 adalah ide kreatif sudah menjadi aksi nyata yang sudah berjalan minimal 3 bulan. “Fenomena pelajar yang seringkali negatif perlu tantangan melakukan aksi nyata” tambahnya.

“Setelah mengikuti TCS ini, saya menjadi percaya diri memulai aksi. Semoga ide tentang pelestarian lingkungan pantai yang dibuat bisa terlaksana dengan baik ,“ ucap Faizal diakhir acara TCS yang ditutup tepat pukul 16.00 WIB.

IMG_4316 IMG_4401 IMG_4396

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.