Kawan SLI Tingkatkan Profesionalisme Guru di Konsel Melalui Kegiatan PAIKEM

ANDOOLO, PORTALSULTRA.COM – Kawan SLI (Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia) tingkatkan profesionalisme guru pada sekolah dampingan di Kecamatan Tinanggea Konawe Selatan melalui program pengembangan, berupa kegiatan pelatihan Desain Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) dan penyusunan RPP.

Kawan SLI Ayu, saat memberikan arahan kepada para guru peserta pelatihan PAIKEM dan Penyusunan RPP/Foto: Ayu

Kegiatan pelatihan ini dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu di Sekolah dampingan yang dilaksanakan pada 11, 12, 18, dan 19 Maret 2017, bertempat di SDN 8 Tinanggea,  SDN Satu Atap 10, SDN 10 Tinanggea dan MI Raudhatul Jannah, Kamis (21/02/2017).

Kegiatan pengembangan profesionalisme ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru terutama dalam peningkatan efektivitas pembelajaran di dalam kelas. Kegiatan dilakukan selama 4 hari, dengan tujuan agar pelatihan berjalan dengan kondusif dan efektif serta materi yang disampaikan dapat diterima dengan utuh. Adapun pembagiannya, 2 hari untuk pelatihan desain pembelajaran aktif, berupa penyusunan RPP KTSP dan Kurikulum 2013, sedangkan 2 hari lagi, untuk pelatihan PAIKEM.

Kawan SLI Aisyah, saat mendampingi para guru peserta pelatihan PAIKEM dan Penyusunan RPP/Foto: Ayu

Dari pelatihan ini, diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme dalam mengajar dan meningkatkan tali silaturrahmi antara guru dibeberapa sekolah dampingan. Selain itu, juga menjadi wadah berbagi ilmu antara guru yang satu dengan guru yang lain.

Dalam pelatihan ini, juga dilakukan kegiatan modeling yang dilakukan di sekolah-sekolah dampingan. Tujuannya ialah agar para guru yang mengikuti pelatihan dapat menerapkan ilmunya ketika melakukan pembelajaran di dalam kelas.

Para guru peserta pelatihan PAIKEM dan penyusunan RPP/Foto: Ayu

“Kegiatan pelatihan ini sangat memberikan manfaat untuk kami, karena kegiatan pelatihan ini menjadi bentuk penyegaran untuk kami dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang efektif dan kreatif,” ucap Deden peserta pelatihan.

“Kegiatan pelatihan ini sangat memberikan manfaat untuk saya, karena dengan adanya pelatihan ini, banyak ilmu baru yang saya dapatkan dan saya berharap dengan adanya pelatihan ini, kualitas mengajar saya di dalam kelas dapat meningkat,” tambah Harmole yang merupakan peserta pelatihan.

SLI

Pengirim : Ayu Uswah Munjiah (Kawan SLI Dompet Dhuafa Penempatan Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan)

Sumber: https://www.portalsultra.com/kawan-sli-tingkatkan-profesionalisme-guru-di-konsel-melalui-kegiatan-paikem/

Komentar

komentar