KAWAN SLI:  Outbond Literasi Banjir Keakraban Saruma Hebat

KAWAN SLI:  HALSEL Banjir Keakraban Karena Outbond Literasi Saruma Hebat

Oleh: Pelangi A. Salsabila
Mentari pagi dan derai ombak pantai Omamoi, seakan menyambut kedatangan sepuluh kepala sekolah dan dua belas guru yang akan bersenang-senang sepanjang kala itu. KAWAN SLI Halsel sukses melaksanakan Outbond Literasi Saruma Hebat, kegitan yang berjalan lancar penuh keakraban, antusiasme, dan canda tawa ini diadakan di Pantai Omamoi, Bumi Perkemahan Samargalila, Dusun Omamoi, Desa Panambuang, Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Doa menjadi hal yang selalu dilakukan di awal, kali ini dipimpin oleh Ustaz Alimun, Kepsek SDIT Alkhairaat. Selanjutnya,  pak Andi. Guru SMPN 59 Halsel ditemani KAWAN Edo memandu olahraga bersama dengan meregangkan otot-otot agar tak cedera saat bermain. Kemudian peserta dibagi menjadi enam tim beranggotakan empat orang, mereka saling  berlomba dalam enam permainan mengasah kecepatan, ketepatan, kolaborasi dan kerjasama tim. Nilai SPIRIT (Synergy, Persistence, Innovative, caRe, continous Improvement, Trustworthy) yang menjadi value DD Pendidikan terinternalisasi dalam permainan tersebut dengan arahan tiga KAWAN dibantu dua Mahasiswa Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA). Sebelum memulai dan di sela permainan para tim menampilkan yel-yel semangat untuk membakar jiwa kompetisi.
“Ngaliwet Bareng” menjadi agenda yang tak ketinggalan di sesi makan siang. Bekal nasi, ikan fufu asap, sayur bunga pepaya dan sambal Dabu-dabu serta berbagai makanan yang dibawa oleh para peserta di santap bersama di atas hamparan daun pisang. Semua terlarut dalam gelak tawa, sambil menikmati kebersamaan.
“Seru KAWAN, saya baru ini merasakan ada kegiatan yang bisa mengakrabkan para kepala sekolah dan guru dengan suasana kekeluargaan meski sampai sore tapi tak terasa dan hanya ada di SLI,” ungkap bu Ate, Kepala SMPIT Insan Kamil.
Outbond literasi bertujuan mengakrabkan para kepala sekolah dan guru dari sebelas sekolah terpilih, juga untuk menginternalisasikan nilai-nilai SPIRIT pada diri peserta sehingga mendukung kelancaran pelaksanaan program pendampingan SLI Halmahera Selatan “SARUMA HEBAT”.

Komentar

komentar