KAWAN SLI: Meriahnya Penyambutan 11 Kepala Sekolah terpilih SLI HALSEL

KAWAN SLI: Meriahnya Penyambutan 11 Kepala Sekolah terpilih SLI HALSEL

oleh Pelangi A. Salsabila
Selasa lalu menjadi momentum sangat penting bagi Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Kabupaten Halmahera Selatan,  Launching Program dan Studium General telah dilaksanakan di Aula SMP N 1 Halmahera Selatan bagi sebelas kepala sekolah terpilih setelah melalui sederet proses perekrutan berupa seleksi berkas dan kunjungan sekolah selama sebulan. Sekitar 45 orang hadir dalam perhelatan ini diantaranya seluruh kepala sekolah didampingi dua orang guru yang antusias hadir sejak pagi, turut hadir  sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera selatan beserta KABID. GTK, KASIE. Kurikulum, Korwil Bacan dan Bacan Selatan.
Launching program dibuka Umar Iskandar Alam, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Selatan,  “Program Sekolah Literasi Indonesia dari Dompet Dhuafa Pendidikan sangat bersesuaian, sejalan dengan program pemerintah tentang pembinaan dan peningkatan kompetensi pendidikan, kami dari Diknas dan  bapak ibu sekalian merasa sangat beruntung dan berterimakasih  dapat bekerjasama dengan DD Pendidikan”. Sambutan Umar Iskandar Alam menjadi tanda dimulainya program pendampingan sekolah terpilih.
Pertunjukan Literasi Budaya Tari Dendang dan Tari Dana-dana yang dibawakan empat siswi SMPN 1 Halsel semakin memeriahkan acara. Gerakan gemulai para penari yang menyatu dengan iringan musik khas Bacan membuat hadirin terpukau serta terbawa suasana riang. Kedua tari tersebut merupakan tarian khas Pulau Bacan untuk menyambut tamu.
Dalam kesempatan kala itu Jana, Koordinator Wilayah Bacan mengucapkan selamat kepada sekolah yang lolos dan akan didampingi selama enam bulan ke depan. “Selama ini literasi mungkin mengambang baik di K.13 maupun di sekolah model, tapi Insya Allah dengan pendampingan SLI kami yakin nilai-nilai literasi itu akan lebih kuat, bapak ibu kepala sekolah akan lebih terinspirasi bagaimana menguatkan dan membudayakan literasi di sekolah bapak ibu,” ujarnya.
Penandatanganan MOU antara kepala sekolah terpilih dengan pihak DD Pendidikan menjadi sesi akhir launching program sebelum menuju sesi penjelasan detail program, penyusunan jadwal inkubasi (pembinaan), dan kontrak belajar oleh para KAWAN dalam Studium General yang terlaksana hingga pukul 15.00 WIT.

Komentar

komentar