KAWAN SLI: Mari Wujudkan Mimpi Besar Sekolah 

KAWAN SLI: Mari Wujudkan Mimpi Besar Sekolah

Oleh: Alivia Choirun Nisak KAWAN SLI angkatan 3 penempatan Kabupaten Asahan
Sekolah hadir sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Bangsa Indonesia dididik supaya cerdas dalam menjalani kehidupan. Tak ingin dibodohi lagi oleh penjajah. Tentunya, sebuah sekolah memiliki cita-cita untuk membasmi kebodohan.
Penting bagi sebuah sekolah untuk menentukan gambaran cita-citanya. Gambaran mengenai akan jadi apa anak didik setelah lulus kelak. Gambaran cita-cita sekolah biasanya dituangkan dalam visi dan misi sekolah. Gambaran yang biasanya terpampang rapi dan cukup besar di area sekolah.
Karena itulah Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (KAWAN SLI) menginisiasi Pelatihan Rencana Strategis Sekolah di penempatan KAWAN, salah satunya di Kabupaten Asahan. SDN 010246 Banjar, Kecamatan Air Joman, terpilih menjadi sekolah perdana pelaksanaan pelatihan yang dihadiri belasan guru guna menginternalisasi visi dan misi sekolah mereka sehingga menjadi acuan dalam melihat gambaran masa depan sebuah sekolah.
“Pelatihan sangat penting untuk kelanjutan hidup sebuah lembaga pendidikan. Namun sayangnya, tidak semua warga sekolah memahami pentingnya. Bahkan ada sekolah yang hanya menjadikan visi dan misi sebagai syarat formal adanya sebuah sekolah. Tentu sangat menyedihkan hal tersebut terjadi di lembaga yang akan membentuk para penerus bangsa,” ujar Alivia.
KAWAN SLI berharap jika pelatihan ini bisa menjadi penghangat bagi peserta dalam mengembangkan alur penyusunan rencana strategis sekolah, sehingga rencana strategis dan mimpi-mimpi besar sekolah bisa terwujud.

Komentar

komentar