KAWAN SLI: Bangun Kolaborasi 10 Kepala Sekolah Mengikuti Pelatihan Metode Uswah

KAWAN SLI: Bangun Kolaborasi 10 Kepala Sekolah Mengikuti Pelatihan Metode Uswah

Labuha, pada Sabtu (28/11), sebanyak sepuluh kepala sekolah terpilih mengikuti pelatihan Metode Uswah yang dilaksanakan oleh Kawan SLI 3 Halmahera di Sekolah 68 Halmahera Selatan.
Pelatihan ini merupakan pelatihan pertama dalam pendampingan dua belas sekolah setelah menjalani serangkaian proses admistrasi, selain pelatihan di saat yang sama KAWAN juga menggekar launching program pendampingan sekolah yang menandakan dimulainya kerja sama dengan sebelas pemimpin sekolah. Satu kepala sekolah mengundurkan diri dengan alasan melanjutkan pengobatan intensif atas sakit yang dideritanya.
Pelatihan yang dihadiri sepuluh kepala sekolah berjalan sangat seru berkat kepiawaian KAWAN Pelangi sebagai trainer, KAWAN Icut dan Edo turut menggawangi sesi lain pelatihan. Para kepala sekolah terlihat sangat fokus mengikuti pelatihan dan  berdiskusi mengenai tiga lingkup, enam kriteria dan dua belas Indikator Metode Uswah yang mereka tuangkan dalam selembar kertas manila yang kemudian akan menjadi bahan presentasi  kelompok. Agar pelatihan tak membosankan KAWAN menggunakan metode two stay two stray. Two stay two stray adalah satu metode pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan informasi terhadap kelompok lain dengan cara salah satu anggota kelompok bertugas menjaga stand hasil diskusi sedangkan anggota lainnya berpencar untuk memperoleh informasi dari kelompok lain.
Sedangkan Metode Uswah ialah metode membangun performa sekolah efektif yang ditemukan oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Metode ini adalah metode tercepat dan mudah dalam membantu pembenahan dan peningkatan kualitas sekolah di Indonesia

Komentar

komentar