Kawan SLI Adakan Kelas Berbagi Magic Sains

Cilame -Minggu (12/09). Kawan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) melaksanakan Kelas Berbagi kepada Kelompok Belajar Kampung Cilame dalam memperingati Hari Aksara Internasional. Kegiatan yang berlangsung di saung kelompok belajar Kampung Cilame diikuti empat puluh anak dari jenjang TK, SD dan SMP.

 

Kelas Berbagi dilaksanakan Kawan SLI sebagai media penguatan literasi di masyarakat. Kelas Berbagi merupakan kolaborasi Kawan SLI dan pegiat literasi Kampung Cilame.

 

Magic Sains “Belalai Gajah” dan “Bunga Mekar” menjadi materi pada kegiatan Kelas Berbagi ini. “Saya tidak suka IPA karena IPA itu bikin pusing,” ujar Reyhan, siswa kelas 5 SDIT Al Husna. Oleh karena itu aktivitas Magic Sains dikemas menyenangkan dan diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar anak khususnya pembelajaran sains.

 

Membuka Kelas Berbagi kang Aip mengajak anak-anak bernyanyi dan bermain agar mereka semangat sebelum belajar. Kang Aip membagi dua kelompok bermain Belalai Gajah dan dua kelompok bermain Bunga Mekar. Belalai Gajah merupakan eksperimen untuk mengajarkan gaya tarik pada molekul larutan sedangkan Bunga Mekar merupakan eksperimen sains untuk mengajarkan sifat kapilaritas pada tanaman. Kelompok Belalai Gajah dipandu Kawan Maul dan kelompok Bunga Mekar dipandu Kawan Arbi dan Kawan Ara. Anak-anak sangat antusias dan terlihat sangat senang mengikuti kelas pembelajaran IPA yang dikemas menarik dan menjadi hal baru bagi mereka.

 

Kang Aip salah satu Inisiator Kelompok Belajar Kampung Cilame menyambut baik kegiatan Kelas Berbagi dari Kawan SLI. Ia mengatakan, Kelas Berbagi Kawan SLI sangat bermanfaat, materi yang disampaikan menyenangkan serta interaktif. Ia pun berharap Kelas Berbagi mampu menambah pengetahuan literasi anak-anak dan bisa dilaksanakan berkesinambungan.

 

Iyan Fitriyana, Camat Cikulur juga hadir dan ikut meramaikan Kelas Berbagi. Ia sangat mengapresiasi Kawan SLI yang telah menjadi fasilitator dan mendampingi adik-adik di Kelompok Belajar Kampung Cilame.

 

Iyan mengatakan, pemuda pegiat literasi semakin termotivasi untuk mengembangkan literasi setelah mengenal program Kawan SLI. Ia juga berharap Kawan SLI dapat membantu merumuskan langkah-langkah strategis dalam mengembangkan aktivitas literasi di Cilame.

 

Salam Literasi!

Komentar

komentar