Karena Usaha Tak Akan Pernah Mengkhianati Hasil

Oleh: Mirna Kartika, Guru MIM 2 Bandung

MI Muhammadiyah 2 merupakan sebuah lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar yang berada di tengah pemukiman padat penduduk di Kota Bandung, tepatnya di Kampung Cibunut Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Hiruk pikuk suasana kota mewarnai bertumbuhnya MI Muhammadiyah 2. Berawal dari Asa PC Muhammadiyah Sumur Bandung yang ingin berkontribusi memajukan pendidikan Islam di Kota Bandung, akhirnya berdirilah MI Muhammadiyah 2.

Awal berdirinya MI Muhammadiyah 2, banyak orang mencibir dan ragu akan eksistensi MI Muhammadiyah 2. Menurut prediksi mereka, sekolah ini hanya akan bertahan seumur jagung. Manusia bebas membuat asumsi dan prediksi, itu sah-sah saja selama tidak melanggar aturan dan etika dalam bersosial. Menganggap kecil keberadaan MI Muhammadiyah 2 bukan sebuah kesalahan, karena setiap orang berhak berpendapat dari realita yang terjadi. Namun, sebuah keyakinan dan kepercayaan akan mendatangkan keajaiban. Semakin hari MI Muhammadiyah 2 semakin tumbuh dan berkembang pesat.

Kini keberadaan MI Muhammadiyah 2 semakin diperhitungkan, masyarakat percaya bahwa anak-anak mereka bisa mendapat ilmu di sekolah ini. Meski dalam keterbatasan, tak membuat MI Muhammadiyah 2 melemah. Perjuangan dan do’a para pendidiknya telah membawa MI Muhammadiyah 2 pada keberhasilan mengukuhkan eksistensi MI Muhammadiyah 2 di tengah persaingan pendidikan sekolah dasar pada umumnya.

Sepuluh tahun berselang, MI Muhammadiyah 2 telah tumbuh besar dan tak lagi dipandang sebelah mata. Penambahan jumlah siswa setiap tahun menjadi sebuah bukti, bahwa MI Muhammadiyah 2 adalah sekolah berkualitas. 200 siswa yang dimiliki MI Muhammadiyah 2 menjadi simbol kesuksesan yang diraih dalam kurun waktu 10 tahun, ditambah lagi profil lulusan MI Muhammadiyah 2 yang mampu menembus SMP favorit di Bandung seperti SMP 2, SMP 5, SMP 4 dan SMP 20.
Bukan perjuangan jika berjalan mulus, banyak persoalan yang terjadi dalam pertumbuhannya, baik yang dipengaruhi oleh aspek internal lembaga maupun eksternal lembaga. Sarana yang minim, kekurangan SDM guru, siswa bermasalah, dan lingkungan yang butuh lebih banyak pendekatan religius menjadi sebuah tantangan untuk kebesaran nama MI Muhammadiyah 2.

Akhirnya jodoh mempertemukan MI Muhammadiyah 2 dengan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa dengan program pendampingan sekolah menjadi model sekolah yang berkualitas. Gayung pun bersambut, sebuah tawaran emas sayang jika disia-siakan begitu saja. Pelatihan demi pelatihan, arahan dan bimbingan selama satu tahun lebih membuka cakrawala ilmu bagi para pendidik di MI Muhammadiyah 2. Di bawah pimpinan Kepala Sekolah Pak Udin Nasrudin, S.Ag MI Muhammadiyah 2 semakin menancapkan cakarnya di kancah pendidikan Kota Bandung, khususnya di Kecamatan Sumur Bandung.

Tahun 2017 terjadi pergantian kepala sekolah, sebuah awal yang baik memunculkan asa baru bahwa MI Muhammadiyah 2 akan semakin maju dan berkembang. Masa jabatan kepala sekolah lima tahun mendatang akan diemban oleh seorang ibu yang tangguh, kuat, dan tegas yaitu Ibu Eli Triana, S.Pd.I. Jalan menuju puncak kejayaan akan dirasa semakin sulit, semakin terjal penuh rintangan dan cobaan. Bu Eli Triana dengan tangan dinginnya merubah wajah MI Muhammadiyah 2 dengan pembangunan sarana dan prasarana, menanamkan kedisiplinan, dan cinta Al-Qur’an terhadap warga sekolah. Semakin mempercantik penampilan MI Muhammadiyah 2. Kolaborasi Cantik Ibu Kepala Sekolah dengan Konsultan Relawan SLI Arby’in Pratiwi di Tahun ke-2 pendampingan SLI, serta dedikasi para guru MI Muhammadiyah 2 semakin menguatkan eksistensi kualitas MI Muhammadiyah 2.

Sebuah perubahan tentu akan menimbulkan reaksi baik positif maupun negatif, tapi semua tidak menjadi halangan untuk kemajuan MI Muhammadiyah 2. Akan tetapi menjadi sebuah cambuk untuk menghadirkan atmosfer pendidikan yang lebih kondusif dan berkarakter, sesuai dengan visinya “Menjadi Sekolah Model yang mampu mewujudkan peserta didik yang Islami dan berprestasi”. Dan waktu akan terus bergulir menjadi saksi nyata perubahan MI Muhammadiyah 2, mencapai tujuan besarnya menjadi Sekolah Model dengan kekhasan literasi.

Komentar

komentar