Kantin Sehat, Siswa Selamat

Salah satu penunjang badan yang sehat adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih banyak yang abai akan pentingnya hal ini. Kita bisa melihat bagaimana media memberitakan adanya keracunan yang dialami oleh para siswa setelah menyantap makanan yang mereka beli. Amat wajar karena pemerintah memang kurang peduli dengan jajanan yang mereka konsumsi setiap hari, yang notabene termasuk makanan yang masih jauh dari kriteria sehat, apalagi bergizi.

Kenyataan inilah yang mengundang perhatian dari berbagai pihak, salah satunya berupa Green School yang di dalamnya termuat program Kantin Anak Sehat. Tepatnya pada Selasa, 12 Februari 2013, diadakan syukuran atas terselesaikannya pembangunan Kantin Anak Sehat di SDN Kamojang.

Alhamdulillah, acara yang dicanangkan oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa serta saran dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung tentang program sekolah berbasis lingkungan di SDN Kamojang, bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

Program Kantin Anak Sehat sendiri merupakan rangkaian program pendampingan sekolah yang dilakukan oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, sebelumnya sudah ada program Penanaman Apotek Hidup, Studi Banding, dan Pelatihan Guru Berbasiskan Lingkungan.

Turut hadir pula pelaksana pembangunan Kantin Anak Sehat, yaitu Dewan Komite Sekolah yang dalam sambutannya mengharapkan kepada para pedagang di kantin untuk turut serta membantu sekolah dalam memberikan makanan dan jajanan yang sehat bagi para siswa. Ditambahkan oleh pihak sekolah yang diwakili oleh Ibu Ita Rosita bahwa keberadaan Kantin Anak Sehat ini sangat diperlukan olah sekolah agar bisa mengontrol makanan apa saja yang dikonsumsi oleh para siswa.

Setelah acara pemotongan tumpeng sebagai simbol-isasi ungkapan rasa syukur kepada Allah Yang Mahakuasa atas terselesaikannya pembangunan Kantin Anak Sehat ini, acara ditutup dengan doa dan ramah-tamah.

 

Irman Parihadin

(Pendamping Sekolah Cerdas Literasi  SDN Kamojang)

Komentar

komentar