Ini Dia, Koleksi Baru PSB!

Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan punya koleksi baru. Berbeda dengan PSB kebanyakan, yang koleksinya bahan pustaka dan video, PSB Makmal kali ini menambah koleksinya dengan tanaman hidroponik.

Hidroponik merupakan budaya bercocok tanam tanpa menggunakan tanah dan bebas pestisida. Media tanaman yang digunakan pada pelatihan hidroponik ini adalah arang sekam. Arang sekam dinilai mampu memberikan hasil terbaik untuk memproduksi sayur mayur dan pembibitan berbagai macam pohon. Cara bercocok tanam seperti ini masih belum familiar di Indonesia, namun ini merupakan inovasi baru di bidang pertanian yang cukup menjanjikan.

Selain menerapkan metode ini untuk koleksi sendiri, PSB juga mengadakan pelatihan untuk sekolah-sekolah sekitar. Senin, 27 Januari 2014, PSB menggelar pelatihan untuk para siswa sekolah menengah pertama. Kali ini SMP Nurul Iman dan SMP Insan Teladan yang mendapatkan kesempatan itu. “Peserta kali ini sebanyak 21 siswa. Sengaja kami arahkan untuk siswa SMP karena pelatihan ini berkorelasi dengan materi pelajaran mereka, yaitu mengenai bioteknologi,” terang Syifa Naufal Qisty, Koordinator Perpustakaan PSB Makmal Pendidikan.

Pada pelatihan ini siswa diajarkan bagaimana cara menyiapkan media tanam, menyemai benih, perawatan tanaman, hingga cara menyemai. Mereka antusias mengikuti tahap demi tahap. Menarik ya?! Semoga para siswa juga dapat mengaplikasikannya di sekolah dan rumah mereka. [ani,siska]

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.