Guru Sahabat Digital Bersama KOMED

Posterdfg

Bogor – Menjadi guru kreatif bukanlah perkara mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi, banyak hal harus dipersiapkan secara matang dan juga berkesinambungan agar proses kreatif dapat berjalan sebagaimana mestinya. Untuk menjawab tantangan tersebut pada Selasa (22/11), Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa menggelar “Pelatihan KOMED Sahabat Digital”.

Media pembelajaran berupa video saat ini sedang marak di dunia pendidikan, tentu saja hal tersebut semakin memudahkan para pendidik untuk mengakses berbagai informasi terkini seputar media pembelajaran. Namun minimnya keterampilan dalam pemanfaatan teknologi membuat para pendidik kesulitan dalam membuat video pembelajaran. Pada pelatihan yang diadakan di Ruang Media Pembelajaran Pusat Sumber Belajar (PSB) para peserta yang berjumlah 20 orang dan berasal dari beberapa sekolah di JaBoDeTaBek diajarkan cara memanfaatkan kamera gawai untuk mendokumentasikan kegiatan belajar mengajar di kelas, selain itu para peserta juga diajakan cara mengonsep dan mengedit  video sehingga menjadi video singkat  yang informatif dan efektif.

P_20161122_134204

“Kami ingin agar anggota KOMED mampu membuat media pembelajaran yang tidak biasa, ketika mereka telah mahir maka kami arahkan untuk terus menebarkan ilmu yang didapat sehingga tak berhenti sampai di satu titik saja,” ungkap Nurul, Mentor KOMED.

Materi pembuatan video media pembelajaran disampaikan oleh Dindin Komarudin, Knowledge Management Center Dompet Dhuafa Pendidikan. Ada beberapa hal ia tekankan pada peserta di pelatihan yang diadakan pukul 13.00 hingga 17.00 ini antara lain peserta harus mampu memaksimalisasi penggunaan aplikasi video di Android dan peserta harus mampu memanfaatkan aplikasi editing video di laptop, diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta makin mahir dalam memanfaatkan gawai untuk mengambil video kegiatan belajar mengajar dan mahir memanfaatkan laptop untuk mengolah video sehingga tercipta video pembelajaran yang mumpuni dan dapat diakses masyarakat luas.

P_20161122_134346

“Menjadi guru kreatif yang pandai membuat media pembelajaran menjadi nilai plus untuk tenaga pendidik zaman ini, kami berharap dikelas para siswa akan semakin antusias dalam belajar,” tutup Nurul.

***

Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) adalah program yang dibentuk Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan sebagai wadah bagi guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam membuat media pembelajaran yang berkualitas dan efektif dalam pembelajaran. KOMED berdiri sejak Juni 2014 dengan7 anggota, dan sekarang sudah berkembang pesat hingga 131 anggota di Jawa Barat dan  Banten. (AR)

 

P_20161122_134324 P_20161122_134227

Komentar

komentar