Guru Hebat = Kreatif + Inovatif, Pelatihan Media Pembelajaran Bersama Makmal Pendidikan

Bergantinya Kurikulum Pendidikan dari  KTSP menjadi Kurikulum 2013 merupakan sebuah tantangan bagi pelaksana pendidikan, terutama para pendidik. Para pendidik ditantang agar mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan secara global, untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas salah satu hal yang harus diperhatikan adalah adanya guru yang berkualitas. Guru sebagai salah satu komponen dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) memiliki posisi yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran, karena fungsi utama guru ialah merancang, mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Di samping itu, kedudukan guru dalam kegiatan belajar mengajar juga sangat strategis dan menentukan. Strategis karena guru yang akan menentukan kedalaman dan keluasan materi pelajaran, sedangkan bersifat menentukan karena guru yang memilah dan memilih bahan pelajaran yang akan disajikan kepada peserta didik.

Guru juga ditantang untuk mampu mempersiapkan dan melakukan pembenahan diantaranya mempersiapkan desain dan inovasi di bidang sumber belajar, media pembelajaran, dan alat peraga. Guru dituntut untuk kreatif menemukan dan menciptakan macam-macam media. Namun untuk mempersiapkan desain dan inovasi sumber belajar, media pembelajaran dan alat peraga, guru mengalami berbagai kendala dan kesulitan diantaranya: 1. Sedikitnya waktu yang bisa digunakan dalam membuat inovasi dan kreativitas untuk membuat media pembelajaran,  2. Kurangnya alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran, 3. Kurangnya kesadaran dan pengetahuan guru tentang pentingnya sumber belajar, media pembelajaran, dan alat peraga.

Menjawab itu semua, Makmal Pendidikan menghelat Pelatihan Media Pembelajaran bertajuk “Guru Hebat = Kreatif + Inovatif” yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut pada 30 & 31 Maret 2015 di Ruang Audio Visual Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan. Kegiatan yang dihadiri oleh 23 guru dari beragam Sekolah Dasar yang ada di Bogor dan sekitarnya ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi guru dalam mempersiapkan pembelajaran serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran melalui media pembelajaran melalui board games, alat peraga dan display kelas.

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang diadakan mulai pukul 08.00- 15.30 ini, tanpa sungkan para peserta yang terdiri dari bapak dan ibu guru mengajukan berbagai macam pertanyaan seputar media pembelajaran dan bagaimana membuat media pembelajaran yang baik serta mampu membuat para siswa tertarik untuk berpartisipasi.  

Di hari pertama (30/03) kang Iwan Syahrudin memberikan pengetahuan mengenai media pembelajaran, macam – macam media pembelajaran dan fungsi media pembelajaran, selain itu para peserta juga diajarkan cara membuat media pembelajaran dalam bentuk games serta alat peraga matematika yang diberi nama “Ice Cream Perkalian”. Di hari kedua (31/03) para peserta diberikan pengetahuan mengenai bagaimana me-layout dan men-display kelas, peserta juga ditantang membuat layout kelas dan display kelas oleh Lutfi dan Nurul , tim Makmal Pendidikan.

Semoga pelatihan kali ini memberikan angin segar kepada para peserta agar mampu membuat media pembelajaran yang baik dan dapat diterapkan di sekolah masing-masing. Sampai jumpa di pelatihan selanjutnya! (Makmal).

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.