Guru Hebat dan Menginspirasi Meningkatkan Kompetensi Diri Melalui TFT (Training for Trainer)

IMG-20170917-WA0005

Pada Sabtu dan Minggu (16 – 17 September), dua puluh guru terpilih berkumpul di aula MI Muhammadiyah 2 Bandung. Kedua puluh peserta akan mengikuti Training for Trainer (TFT) yang diadakan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut berlangsung sangat baik.

TFT merupakan inisiasi Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) untuk memberikan kesempatan pada semua guru hebat agar mampu mempelajari keterampilan menjadi seorang trainer sesuai bidangnya. Harapannya TFT mampu melahirkan trainer yang siap mengembangkan KOMED lebih besar lagi melalui beragam pelatihan yang akan peserta kembangkan ke depannya. Pada TFT kali ini, KOMED bekerjasama dengan MI Muhammadiyah 2 Bandung dan GSSI.

IMG-20170917-WA0006

Dipandu trainer kawakan Makmal Pendidikan yakni Zainal Umuri, Trainer Guru Bahagia, dan Shirly Gumilang, Trainer Sekolah Literasi Indonesia; dua puluh guru dibimbing menemukan bakatnya sebagai trainer melalui beragam materi pelatihan.

Pada 16 September 2017, semua peserta diberi pembekalan Public Speaking dengan tema “How To be a Great Trainer”. Penggunaan logika peserta diasah sehingga membuat cara berpikir lebih berbobot dan efektif. Setelahnya dilanjutkan dengan menyusun metode pelatihan dengan Si-Ri-Si-Ri-Si (Stimulasi, Inquiri, Aplikasi, Ekspositori dan Refleksi) agar peserta dapat menyulap training menjadi menyenangkan dan tepat sasaran.

IMG-20170917-WA0007

Di sesi Kedua, peserta diberi materi “Delivery Training” yang bertujuan membangun kepercayaan diri tampil di depan publik serta diajarkan keterampilan teknik olah vokal, olah tubuh,dan olah napas.Setiap peserta diharapkan tampil paripurna di depan publik. Untuk sesi terakhir para peserta diajak mengolah materi pelatihan ke dalam slideshow agar materi yang dibuat lebih menarik dan memukau.

Pada 17 September 2017. Kedua puluh peserta ditantang melakukan praktik menjadi trainer dihadapan peserta lainnya, tentu saja penampilan peserta akan dinilai oleh trainer Zainal Umuri dan Shirly Gumilang. Sesi ini agak sedikit menegangkan sekaligus menyenangkan.

Akhirnya TFT berakhir dengan pengumuman tiga peserta terbaik, pembagian doorprize, evaluasi dan foto bersama.

Para guru lulusan TFT diharapkan menjadi trainer hebat dan mampu menginspirasi guru lainnya untuk terus belajar dan bertekad meningkatkan kompetensi diri sebagai guru sejati (NRL).

Komentar

komentar