Asyiknya Bermain, Membaca, dan Berdiskusi bersama PSBK Keliling

IMG-20160918-WA0018

 

Bogor – Mengedukasi masyarakat akan pentingnya membaca bukanlah hal yang mudah, kultur dan kebiasaan daerah setempat membuat proses mengedukasi menjadi tantangan tersendiri. Menjawab tantangan ini Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa menginisiasi berdirinya Pusat Sumber Belajar dan Komunitas (PSBK). PSBK merupakan departemen yang dibangun untuk mengelola sumber belajar bagi sekolah dan masyarakat umum. Terletak di Desa Jampang, Kecamatan Parung, Bogor, PSBK mengelola sumber belajar  berupa cetak maupun audio visual, termasuk program dan komunitas yang dapat dijadikan sarana bagi optimalisasi pembelajaran. Selain mengembangkan program pendampingan perpustakaan di sekolah, PSBK juga memiliki gelaran untuk mengedukasi masyarakat melalui PSBK Keliling.

PSBK Keliling merupakan sarana melakukan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat yang berkenaan dengan literasi serta pengenalan akan pentingnya membaca buku dan juga pengenalan program PSBK itu sendiri. PSBK Kelilingi dilakukan dua kali dalam setahun dengan tema berbeda setiap tahunnya agar masyarakat lebih terhubung lagi dengan program yang PSBK gadang. PSBK Keliling dirancang untuk mempertemukan masyarakat dengan sumber belajar seperti buku, audio visual, media pembelajaran, dan kegiatan komunitas. Oleh karena itu, PSBK Keliling selalu berpindah dari daerah yang satu ke daerah yang lain agar manfaat semakin tersebar luas.

Pada Minggu (18/09)  PSBK Keliling kembali digelar dan menyapa warga di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, melalui serangkaian acara berkaitan dengan literasi dan media pembelajaranbersama para Duta Gemari Baca 2016. Dengan mengusung tema “Asyiknya Bermain, Membaca, dan Berdiskusi”, masyarakat diajak untuk berpartisipasi aktif dalam mengedukasi diri dan lingkungannya. Ada beberapa kegiatan yang PSBK Keliling adakan antara lain Pojok Baca Masjid, Pentas Drama, dan Family Edu Games. Semua kegiatan tersebut merupakan stimulus awal untuk merangsang keinginan warga untuk membaca.

“Kami ingin agar kegiatan ini menjadi salah satu cara yang tepat dalam meningkatkan minat membaca di masyarakat,” ujar Hani, Ketua Pelaksana PSBK Keliling. “Mengedukasi dengan cara yang fun, itu yang kami tekankan. Kami sebisa mungkin mengurangi pola pendekatan yang kaku,” tambahnya.

Masyarakat terlihat antusias mengikuti beragam kegiatan yang dibawa PSBK Keliling. Para Duta Gemari Baca 2016 pun tampil maksimal dalam pementasan drama seputar pentingnya membaca, berulangkali warga tergelak melihat aksi  mereka. Sesekali warga juga bertanya pada Duta Gemari Baca 2016 perihal pemilihan buku yang baik dan juga cara meningkatkan keinginan membaca.

“Saya senang sekali bisa berpartisipasi di PSBK Keliling. Ini kali pertama saya mengikuti kegiatan PSBK Keliling dan ternyata menyenangkan. Saya dan teman-teman juga merasa terhormat bisa mensosialisasikan pentingnya membaca pada masyarakat,“ kata Vikram, Duta Gemari Baca 2016.

Hani menuturkan bahwa ke depannya PSBK Keliling akan menerapkan format baru agar lebih banyak menjangkau masyarakat, ia berharap pasca kegiatan ini ada pencapaian yang baik sehingga nantinya terlahir kerjasama terus menerus dengan masyarakat dan Duta Gemari Baca 2016. (AR)

Komentar

komentar