Episode Pintu Literasi Pertama

IMG-20160619-WA0005

 

Jika kau ingin mengenal dunia maka membacalah. Tetapi jika kau ingin dikenal dunia maka menulislah. Kau ingin yang mana? Aku ingin keduanya. Sebab jika kau senang membaca pikiran orang lain lewat tulisannya dan itu bermanfaat bagimu, maka tuliskan juga buah pikirmu untuk memberikan kesenangan dan manfaat kepada orang lain.

Aku sedang berjuang mati-matian agar tulisanku menemukan karakternya. Berusaha menemukan personal branding meski aku ingin bisa menulis segalanya. Ah, keterlaluan bukan? Tapi biarlah, kuikuti saja mauku. Demi belajar. Harus ada sebuah keterlaluan.

Kamis, 16 Juni 2016 adalah hari pertama dibukanya pintu literasi bagi masyarakat pedalaman suku akit Kep. Meranti, Riau. Betapa beruntungnya mereka atas bentangan kebermanfaatan Dompet Dhuafa. Mereka mulai khusu’ mengeja karakter di atas sajadah literasi.

Ada perasaan jengkel, lucu dan juga haru. Untuk pertama kali, yang menarik bagi mereka hanya sebatas sampul-sampul buku beserta ilustrasinya. Beberapa kali mereka tukar tanpa menyelesaikan bacaannya. Ah, menjengkelkan.

Sepertinya ada juga yang berpikir bahwa catatan di buku pengunjung adalah nilai bagi mereka. Semakin banyak namanya ditulis semakin hebat bukan? Lucu.

Beberapa hari di bulan yang suci ini selalu Allah turunkan berkah bersama tetesan rinai-rinai gerimis dan hujan. Tapi semangat mereka adalah mantel. Penangkal basah. Mereka tetap pergi ke perpustakaan untuk membaca. Mengharukan. Bukankah itu sebab cinta? Cinta membaca. Karena jika cinta adalah hujan, maka cintailah juga dinginnya.

Dan tahukah apa yang paling sulit? Merapikan cara mereka membaca. Terkadang mungkin tanpa sadar tetiba saja mereka sedang membaca dalam pembaringannya. Huh. Huru hara si pintu literasi pertama. Perpustakaan Bandaraya.

 

Rumah Akit, 14 ramadhan 1437

#MembentangKebaikan

#Zakatnesia

#BerkahRamadhanUntukIndonesia

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.