Kenali Potensi Diri Duta Gemari Baca 2016 Ikuti Pelatihan Public Speaking

IMG-20161017-WA0004

Kondisi literasi di Indonesia dapat dibilang masih sangat kurang. Indonesia menempati peringkat 64 dari 65 negara yang menjadi objek penelitian Programme for International Students Assessment (PISA). Tingkat membaca siswa, Indonesia menempati urutan 57 dari 65 negara (PISA, 2010). Indeks minat baca di Indonesia masih berada pada 0,001 yang artinya dari 1000 orang hanya 1 orang yang membaca. Data lain menunjukkan bahwa tingkat melek huruf orang dewasa hanya 65,5% (UNESCO, 2012).

Fenomena berkaitan dengan literasi ini sangat dekat hubungannya dengan aksesibilitas masyarakat terhadap buku. Kemampuan literasi anak dan siswa sangat berkaitan dengan sarana dan prasarana di lingkungan sekolah. Begitu pula dengan masyarakat umum, mayoritas di Indonesia tidak memiliki Taman Baca Masyarakat (TBM). Komponen literasi yang dikembangkan di Pusat Sumber Belajar dan Komunitas (PSBK) Dompet Dhuafa Pendidikan antara lain membaca, menulis, berkisan dan bertutur, dan permainan literasi.

Sebagai upaya memasifkan edukasi literasi, PSBK membangun sistem kerelawanan bernama Duta Gemari Baca. Duta Gemari Baca ialah kumpulan pemuda yang memiliki minat khusus dalam pengembangan literasi dan semangat kontribusi yang tinggi. Melalui para Duta inilah diharapkan jangkauan pengembangan literasi masyarakat bisa jauh lebih luas dan efektif. Para Duta nantinya akan memperkenalkan gerakan mengajak masyarakat untuk kembali menggemari aktivitas membaca atau biasa dikenal dengan Gemari Baca sebagai bagian dari budaya literasi. Gerakan ini dilakukan di sektor formal yakni sekolah maupun informal seperti TBM, keluarga, komunitas dan kelompok lainnya.

Sebelum melakukan tanggung jawab sebagai Duta Gemari Baca 2016 tentunya para duta harus mampu mengenali potensi dirinya dengan baik sebelum kemudian melebur ke dalam tanggung jawab membangun kesadaran masyarakat terkait Literasi. Oleh karena itu pada Minggu (23/10) para Duta melaksanakan Pelatihan Public Speaking, para Duta yang terdiri 20 orang ini akan digembleng oleh Asta, pakar Public Speaking. Tujuan diadakannya pelatihan ini antara lain agar para Duta mampu mengenali tugas umum Duta Gemari Baca, para Duta mampu mengetahui langkah-langkah menjadi public speaker yang baik, para Duta memahami dengan baik pentingnya menjadi Master Of Topic, para duta memahami arti penting Self Branding.

“Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini ke depannya para Duta akan lebih mudah memperkenalkan Gemari Baca kepada masyarakat,” ujar Hani Karno, Mentor Duta Gemari Baca 2016. Gemari Baca merupakan salah satu inisiatif dari PSBK dalam menjawab tantangan budaya baca di Indonesia.

Program yang memfokuskan diri pada pengembangan literasi bagi sekolah dan masyarakat. Program ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan literasi dan kebiasaan membaca anak-anak usia sekolah dasar dan masyarakat melalui pendampingan perpustakaan dan TBM. Masyarakat sektor formal maupun informal merupakan target dari Gemari Baca. Sekolah yang mewakili sektor formal akan menjadi basis Gemari Baca yang kuat, melalui perbaikan perpustakaan sekolah yang membuat perpustakaan menjadi tempat menyenangkan bagi anak dan warga sekolah untuk membaca maupun mencari sumber pengetahuan serta informasi. Pada sektor informal, Gemari Baca akan terinternalisasi ke dalam TBM, komunitas dan kelompok sosial masyarakat lainnya (AR).

Komentar

komentar