Dompet Dhuafa Launching Program Sekolah Literasi Indonesia di Kabupaten Gunungkidul

IMG_1225-1068x712

Oleh: Hisyam Mansyur

Gunungkidul – Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa Yogyakarta bersama dengan Kementrian Agama Kabupaten Gunungkidul, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul dan Pengurus Daerah Muhamadiyah Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan seremonial launching  Program Pendampingan Sekolah Literasi Indonesia (SLI) bertempat di  ruang Home Theatre Perpustakaan dan Kantor Arsip Kabupaten Gunungkidul.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan Kementrian Agama Kabupaten Gunungkidul, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Pengurus Daerah Muhammadiyah, tiga kepala sekolah penerima program, tokoh masyarakat, komite sekolah, perwakilan orangtua siswa dan perwakilan siswa.

_MG_1205-1068x712

_MG_1210-1068x712

Kegiatan ini diawali dengan aksi pentasi seni yang memukau dari siswa dan siswi MI Muhammadiyah Macanmati dan MI Muhammadiyah Pengkol, lalu dilanjutkan dengan berbagai sambutan dan ditutup dengan penandatangan MoU Kerjasama. Kegiatan ini didukung oleh Perpustakaan dan Kantor Arsip Kabupaten Gunungkidul sebagai tempat berlangsungnya acara.

IMG_1228-712x1068

Sekolah yang memeroleh Program SLI adalah MI Muhammadiyah Macanmati, MI Muhammadiyah Sodo, dan MI Muhammadiyah Pengkol. Dompet Dhuafa melalui Divisi Makmal Pendidikan berupaya  meningkatkan kualitas pendidikan melalui Program Pendampingan SLI yang memrioritaskan pada dua lingkup, yaitu:  Peningkatan kualitas pembelajaran dan Penguatan budaya sekolah, program ini telah tersebar hingga pelosok Indonesia.

IMG_1235-712x1068

Ketiga MI di atas akan mendapatkan program pendampingan SLI selama satu tahun (2017-2018) dengan beragam kegiatan antara lain:  Pelatihan Manajemen Sekolah dan Pembelajaran, coaching, in-leading dan e-leading, Supervisi Pembelajaran, Parenting, Community Development, dan kegiatan lainnya untuk menunjang peningkatan kualitas sekolah.

Bambang Edi Prasetyo, Manajer Program Dompet Dhuafa Yogyakarta, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dompet Dhuafa sebagai lembaga milik ummat berkomitmen untuk amanah dalam menyalurkan donasi sesuai dengan peruntukannya. Salah satunya adalah  program SLI untuk meningkatkan kualitas sekolah di daerah Gunungkidul.

Selain itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gunungkidul, Bapak Drs H. Sadmonodadi menyambut baik program SLI ini. Dalam sambutannya ia mendukung program SLI dan berterima kasih pada Dompet Dhuafa. Harapannya dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan  kualitas sekolah. Hal senada disampaikan pula oleh Bapak Sugeng Wibowo, perwakilan Kementrian Agama Kabupaten Gunungkidul,  bahwa pendidikan literasi sebagai sebuah kegiatan pokok sekolah harusnya menjadi kegiatan yang rutin bagi sekolah. Harapannya dengan adanya program SLI ini, sekolah mampu meningkatkan kualitas literasinya.

Selanjutnya dukungan yang tidak kalah pentingnya adalah dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, dalam hal ini disampaikan oleh perwakilannya bapak Asbani. Dalam sambutannya, ia mendukung penuh adanya program pendampingan SLI ini.

Di akhir acara, dilakukan penandatanganan MoU dengan Pengurus Daerah Muhammadiyah yang disaksikan oleh ketiga MI dampingan beserta para tamu undangan. Acara ditutup dengan persebahan drama special dari MI Macanmati.

Komentar

komentar