Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa Meraih Indonesian Quality Award 2014

Setelah melalui rangkaian proses yang panjang, Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa meraih Indonesia Quality Award (IQA) 2014. Award ini diberikan kepada Divisi Pendidikan karena menerapkan Malcolm Baldrige Criteria for Perfomance Excellence (MBCfPE).

Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Umum IQA Foundation Orie Andari Soetadji kepada Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi pada acara Penganugerahan IQA 2014 di Hotel Mulia Jakarta, Senin (17/11).

Dompet Dhuafa menjadi satu-satunya organisasi nirlaba di Indonesia yang mendapat penghargaan. “Saya mengapresiasi Divisi Pendidikan Dompet Dompet Dhuafa yang telah menerapkan Kriteria Kinerja Ekselen Malcolm Baldrige. Satu-satunya organisasi nonprofit yang meraih penghargaan IQA 2014” kata Ketua Umum IQAF Orie Andari Soetadji.

Bagi Dompet Dhuafa, penghargaan ini menjadi bukti bahwa melayani dan mengelola kaum Dhuafa atas nama kerelawanan atau kedermawanan seseorang harus profesional tidak boleh asal-asalan. “Justru sebagai lembaga nirlaba dan disebut yang pertama kali masuk (mendapat penghargaan), kami terbuka untuk dinilai oleh siapapun” kata Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi.

Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini yang turut hadir dalam Penganugerahan IQA 2014 menyatakan akan mencoba menerapkan Kriteria Kinerja Ekselen MBCfPE di beberapa divisi lain. “Bukan hanya Divisi Pendidikan, mungkin seluruh Dompet Dhuafa akan coba kita aplikasin. Mudah-mudahan ke depan akan semakin bagus lagi”,ujarnya.

Proses implementasi Kriteria Baldrige sampai awarding ini sangat menantang dan membutuhkan waktu yang cukup lama. “ Diawal, terlebih dahulu kita melakukan Eksekutif Briefing tentang pentingnya dan kemanfaatan kriteria kepada para Top Management Divisi Pendidikan. Dilanjutkan dengan pembentukan Champion Team dan tim dibekali Training Intepretasi dan Pemahaman Kriteria Malcolm Baldrige” ungkap Widodo Alyusro selaku penanggungjawab QMS Divisi Pendidikan.

Champion Team ini juga diberikan workshop pembuatan Dokumen Aplikasi guna merespon kriteria berdasarkan ativitas kerja di Divisi Pendidikan lanjut pria yang akrab disapa Kangwid ini. Selanjutnya dilakukan proses Assessment oleh Examiner dari IQAF untuk mengklarifikasi dan memberikan penilaian.

Indonesia Quality Award adalah ajang pemberian Penghargaan Nasional bagi organisasi yang menunjukan tingkat keberhasilan dalam perspektif “Global Image” berdasarkan penilaian menggunakan MBCfPE. Penghargaan IQA diberikan kepada sebuah organisasi perusahaan atau institusi sebagai pengakuan atas keunggulan kinerja yang merepresentasikan kualitas sistem (process & result) mereka.

Meskipun demikian, yang terpenting selanjutnya adalah bagaimana mengawal perbaikan terus menerus untuk hasil kinerja yang lebih baik. “Dengan assessment yang telah dilakukan, Divisi Pendidikan mendapatkan Umpan Balik. Umpan balik berisi Opportunity for Improvement (OFI) pada seluruh proses kerja. Perbaikan berdasarkan OFI ini yang harus dikawal dan dikerjakan tersistematis agar kinerja ke depan menjadi lebih baik lagi” ujar Kangwid  (gei/wiedz)

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.