Cerita dari Cibeuteung Udik

IMG-20160919-WA0004

Membaca adalah produk sekolah dimana guru berperan sebagai fasilitator bagi para siswa-nya agar mereka gemar membaca.

Salah satu kegiatan yang dilakukan di setiap pendampingan perpustakaan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa adalah Kegiatan Membaca yang dilakukan oleh guru saat kunjungan perpustakaan.

Guru akan membacakan cerita yang diambil dari koleksi buku yang ada di perpustakaan. Membacakan cerita pun akan dilakukan  sangat menarik oleh mereka dengan intonasi yang baik dan mimik yang ekspresif. Hal ini dilakukan agar anak-anak tertarik dengan cerita yang dibacakan.

Adalah SD Cibeueteung Udik 01 yang gurunya sering melakukan Kegiatan Membaca di Perpustakaan. Salah satunya yakni Ibu Jumiah.

Ibu Jumiah adalah wali kelas 3 (tiga)yang selalu semangat membawa murid-murid kelasnya untuk kegiatan membaca di perpustakaan.

Alasan mengapa ia selalu melakukan kegiatan membaca untuk memotivasi anak-anak agar rajin mendatangi perpustakaan untuk membaca atau mencari bahan pelajaran. “Dengan banyak membaca buku anak-anak akan cerdas karena berwawasan luas” ujar Jumiah yang merupakan guru favorit para siswa. “Perpustakaan adalah wadah untuk menambah ilmu pengetahuan,” lanjutnya dengan mata berbinar. Atas dedikasinya ini,Kepala Sekolah Cibeuteung Udik 01, Pak Juanda memberikan reward kepada bu Jumiah pada Senin,25 Oktober 2016 dalam Upacara Bendera dan disaksikan oleh seluruh guru dan para siswanya.

Tidak hanya bu Jumiah yang mendapatkan penghargaan dari Pak Juanda, Putri Alifia siswi kelas 4B yg memang dikenal pintar oleh teman-teman sekelasnya sebagai Peminjam Buku Terbanyak. Sejak tahun lalu dari pertama perpustakaan ini dibuka ia memang salah satu anak yang rajin meminjam dan pada tahun ajaran baru 2016-2017 sejak bulan Juli sampai bulan September ia sudah meminjam sebanyak 32 buku!

Alasan mengapa ia suka membaca dan meminjam buku adalah karena buku-buku mempunyai cerita dan gambar yang bagus. Buku favorit Putri adalah serial Franklin terutama yang berjudul Pesta Ulang Tahun Franklin.

Untuk para guru dan orangtua di luar sana, yuk kita seperti bu Jumiah yang rajain membacakan buku cerita untuk anak-anaknya. Agar kelak mereka tumbuh menjadi pribadi yang menggemari baca dan menjadikan membaca sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari. Berani mengambil tantangan ini??

#GemariBaca
#BacaMinimal7BukuSetahun
#PerpustakaanRamahAnak
#GuruKreatif

IMG-20160919-WA0003

 

Komentar

komentar