Dari Biasa-biasa Jadi Luar Biasa

Sekolah bersih, hijau, dan berwawasan lingkungan, itulah sekolah idaman kami. Sebelum ada pendampingan dari Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, walaupun berada di pusat kota, sekolah kami tergolong biasa-biasa saja. Melalui bantuan dan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan Makmal Pendidikan, sekolah kami berubah.

Dengan adanya sekolah kami yang sangat luar biasa, kami pun tidak lantas berdiam diri. Kami semua, warga sekolah dan pendamping dari Makmal Pendidikan, bekerja sama untuk menciptakan Sekolah Ramah Hijau, ramah lingkungan dan berwawasan lingkungan.

Untuk menciptakan sekolah bersih dan hijau, kami memberi motivasi dan arahan setiap hari kepada seluruh warga sekolah untuk mencintai lingkungan yang bersih, sehat, dan ramah lingkungan. Agar peduli lingkungan, tiap siswa diminta memungut satu sampah. Hal ini kami lakukan setiap hari sebelum masuk ke kelas. Kami lakukan bersama-sama hingga akhirnya sekolah kami tampak bersih dan sehat.

Tidak habis sampai di situ, kami juga ingin sekali mempunyai sekolah yang ramah lingkungan dan hijau lantaran sekolah kami berada di pusat kota. Banyak kendaraan yang lalu lalang sehingga mengakibatkan polusi udara. Kami pun membuat Gerakan Sekolah Menanam.

Kami dibantu langsung oleh Pendamping Sekolah yang luar biasa, yaitu Bapak Ahmad Fauzan, dari Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa yang selalu setia mendampingi kami. Dibantu oleh seluruh dewan guru dan siswa, kegiatan pun dilakukan. Setelah itu seluruh warga sekolah langsung ikut menanam di seluruh halaman sekolah.

Tidak berhenti sampai pencanangan, setiap hari kami warga sekolah selalu menjaga kebersihan sekolah bersama-sama. Kami merawat dan memelihara tanaman dengan sebaik-baiknya, dan akhirnya sekolah kami pun bersih, hijau, dan ramah lingkungan.

Kami sangat berterima kasih kepada Pendamping Sekolah mulai dari yang pertama yaitu Bapak Dudung Badrujaman, dan yang saat ini dengan setianya mendampingi kami warga sekolah, yaitu Bapak Ahmad Fauzan, yang telah membantu kami guru-guru dengan memberikan pelatihan yang sangat inspiratif dan luar biasa sehingga kami dapat mengetahui banyak hal. Tidak ada sesuatu yang sangat berharga yang dapat kami berikan untuk membalas kebaikan dan ilmu yang telah kami terima. Sekolah kami yang dulunya biasa-biasa saja dan tidak enak dipandang, kini berubah menjadi sekolah yang luar biasa dan semua mata pun memandang dan sekolah kami merupakan salah satu calon sekolah percontohan di Kabupaten Mimika, Papua.

 

Agustina Kambu

Guru Sekolah Cerdas Literasi SD Inpres Timika II, Mimika, Papua

Komentar

komentar