Bersenang-Senang di PSB Keliling

Rona semangat dan keceriaan sontak terpancar dari wajah anak-anak. Sebagian dari mereka menonton film, sebagian lagi membaca buku, ada pula yang sedang bermain, dan tidak sedikit yang sedang membuat kreasi. Ya, anak-anak yang merupakan para siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) tersebut sedang merasakan serunya bersenang-senang dalam kegiatan PSB Keliling.

“PSB Keliling adalah kegiatan yang merupakan sarana kami untuk memperkenalkan Pusat Sumber Belajar Makmal Pendidikan kepada lingkungan sekitar kami,” demikian terang Siska Distiana, Supervisor Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. “PSB Keliling sendiri pada tahun ini difokuskan di empat kecamatan di Kabupaten Bogor, yaitu Kecamatan Parung, Tajur Halang, Kemang, dan Semplak,” lanjut Siska.

Awal April, tepatnya hari Rabu dan Kamis, 02 dan 03 April 2014, PSB Keliling pertama diselenggarakan di MI Miftahul Athfal 02 Parung dan MI Nurul Iman Tajur Halang. Kali ini tim PSB Makmal mendapat support dari Alumni Sekolah Guru Indonesia (SGI) Angkatan 4 untuk menghelat PSB Keliling tersebut.  Selanjutnya, PSB Keliling akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali, bergiliran di setiap kecamatan.

Lebih dari 300 anak menjadi peserta PSB Keliling kali ini. Antusias mereka mengikuti instruksi dari kakak-kakak fasilitator. Siswa Kelas 5 dan Kelas 6 mengikuti “Kreasi Gulung Kertas”, berbagai macam bentuk mereka buat, dari bentuk hati, bintang, hingga kupu-kupu. Sementara kakak kelasnya sibuk dengan kreasi kerajinan tangan, adik-adik Kelas 1 hingga Kelas 4 bergantian menikmati fasilitas nonton film, membaca buku cerita, dan memainkan permainan edukatif.

Ragam aktivitas yang disajikan dalam PSB Keliling merupakan miniatur dari ragam fasilitas dan layanan yang terdapat di PSB Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, dan kesemuanya dapat diakses secara gratis oleh masyarakat. Tidak hanya berbasis sekolah, namun masyarakat umum juga dapat menikmati layanan PSB di setiap hari dan jam kerja.

Meski hanya berdurasi tiga jam, namun aktivitas PSB Keliling cukup memberikan kesenangan tersendiri untuk anak-anak. Saat ditanya “Siapa mau lagi ikut acara seperti ini?”, sontak anak-anak menjawab “Saya!!” sambil mengacungkan tangannya. Nah, jika mau lagi, ditunggu kunjungannya ke PSB Makmal Pendidikan ya… [iko]

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.