Berkah Ramadan, Berkah Literasi

z1

Oleh: Zainal Umuri.

Manager Optimalisasi Sekolah Makmal Pendidikan Sekolah Literasi Indonesia (SLI)

 

Keberkahan Ramadan bukan hanya menjadi keberkahan dalam berlipatnya semua ibadah yang dijanjikan oleh Sang Khalik, namun menjadi keberkahan juga bagi peningkatan kuantitas dan kualitas literasi Indonesia. Tanggung jawab untuk meningkatkan literasi Indosesia, bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga tanggung jawab bersama. Sehingga semakin hari literasi Indonesia semakin membaik.

z2

Sekolah Literasi Indonesia (SLI), program nyata anak bangsa dalam meningkatkan literasi di negeri tercinta ini. Program yang dimotori oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa ini, sedang melakukan program pada  44 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari PAUD, SD/MI sampai dengan SMP/MTs dan bahkan sangat mungkin merambah ke jenjang pendidikan yang lainnya.

z3

SLI merupakan model sekolah yang berkonsentrasi pada peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan pengembangan budaya sekolah dengan pendekatan khas literasi. Ramadan kali ini merupakan momentum bagi SLI untuk memperkuat kembali kekhasan literasi di sekolah masing-masing.

Berbagai macam kegiatan yang menitikberatkan literasi dilakukan oleh Konsultan Relawan (KAWAN) SLI bersama dengan para guru di sekolah binaannya masing-masing, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi anak-anak bangsa. Seperti yang dilakukan di SDN 04 Rantau Langsat Filial, Indragiri Hulu, Riau yang berada dalam kawasan Bukit Tiga Puluh. Dengan tema Ramadan Literasi sekolah melaksanakan kegiatan ini sejak 30 Mei  sampai dengan 16 Juni nanti. Kegiatan yang dilakukan meliputi belajar agama, bernyanyi, menonton film Islami, games menyenangkan, berbuka puasa, taraweh, dan membaca serta menulis.

z4

Tak jauh berbeda dengan SDN Rantau Langsat Filial, kegiatan yang bertajuk Sanrasi Ramadan, dilakukan di Sekolah Urban MDT Al Barokah Jakarta. Sekolah dan konsultan memberikan keceriaan kepada para siswa dengan melaksanakan berbagai kegiatan  seperti Salay Dhuha bersama, belajar mengaji, bermain bersama, buka bersama  dan banyak lagi yang lainnya yang memberikan tambahan keberkahan di bulan yang mulia ini.

z5

Para guru pun tak mau kalah, berbagai pengembangan profesionalisme guru juga dilakukan di berbagai SLI. Mulai dari learning community, pembinaan internal, diskusi, pengajian, dan banyak lagi yang lainnya. Semuanya tak mau kalah untuk mendapatkan keberkahan Ramadan. Semoga Ramadan kali ini, dapat memberikan inspirasi untuk di masa yang akan datang. Aamiin (ZU).

 

***

Mari bergabung dan bergandengan tangan bersama Dompet Dhuafa Pendidikan untuk menyalakan pelita harapan anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi melalui program-program pendidikan berkualitas. Salurkan zakat, infak, dan sedekahmu melalui nomor rekening: 2881 2881 26 BNI Syariah a.n. Yayasan Dompet Dhuafa Republika

Komentar

komentar