Berbagi Parsel Pendidikan di Pedalaman

IMG-20170725-WA0001

Oleh: Dede Agus Salim Rahman, S.Pd.I
KAWAN SLI Penempatan Nunusan

Nunusan, Juli 2017. Daerah yang sangat jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor, gawai hanya berfungsi untuk mengambil gambar, perjalanan nan jauh hanya bisa dilewati sampan. Inilah Nunusan, sebuah dusun yang terletak di pinggaran Sungai Batang Gansal, dan dihuni masyarakat asli Riau yakni suku Talang Mamak. Di dusun ini terdapat Sekolah Kelas Jauh, dan di sinilah program mumpuni Sekolah Literasi Indonesia Makmal Pendidikan diterapkan.

Sudah hampir enam bulan saya dan seorang Konsultan Relawan (KAWAN) Sekolah Literasi Indonesia (SLI) ditempatkan di Dusun Nunusan, namun kedatangan kami kali ini memberikan senyuman kepada para siswa karena kami membawa Parsel Pendidikan. Parsel Pendidikan ini berisikan seragam sekolah, lengkap dengan topi, dasi, ikat pinggang, buku, pensil, pena dan tas. Semua hal hebat ini merupakan inisiasi Dompet Dhuafa yang dilaksanakan di beberapa wilayah Indonesia, salah satunya Dusun Nunusan.

Parsel Pendidikan memberikan semangat bagi para siswa untuk belajar di sekolah, padahal biasnya mereka sedikit kesu karena setiap hari mereka bersekolah hanya dengan menggunakan sandal, bahkan terkadang sama sekali tidak menggunakan alas kaki, memakai baju yang bukan baju sekolah, serta baju mereka pun sempit tuk digunakan. Sangat sedih memang jika kita melihat keadaan mereka.

IMG-20170725-WA0000
Kami sangat bersyukur karena bisa berbagi keceriaan dan semangat melalui Parsel Pendidikan, saya sendiri telah menyalurkan sekitar seratus parsel ke berbagai penjuru Desa Rantau Langsat. Selain itu kami bersama Dai Cordofa Dompet Dhuafa Riau juga membagikan Parsel Lebaran berupa Paket Pendidikan dan Sembako di empat dusun yakni Dusun Nunusan, Dusun Pebidayan, Dusun Lemang, dan Dusun Sadan. Paket tersebut mencakup Parsel Lebaran dari Dompet Dhuafa Riau maupun Dompet Dhuafa Pusat.

Program Parsel Lebaran sangat membantu para penghuni Dusun Nunusan, kami hanya bisa mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah memberikan kontribusi besar untuk kami. Jazakallahu Khoiron.

Komentar

komentar