Asosiasi Konsultan SLI Mengenal Lebih Dekat Program Sekolah Literasi Indonesia

IMG-20170826-WA0002

Sekolah Literasi Indonesia merupakan model sekolah yang berkonsentrasi pada peningkatan kualitas sistem instruksional (pembelajaran) dan pengembangan budaya sekolah dengan kekhasan literasi.

Kenapa Literasi?

Sebab berdasarkan data dari survei Central Connecticut State University in New Britain menyebutkan bahwa tingkat literasi Indonesi berada di rangking 60 dunia setelah Thailand dan jauh dari negara maju lainnya seperti Finlandi, Swedia dan US.

Data lain dari UNESCO 2012 menyebutkan bahwa minat baca di Indonesia hanya sekitar 3 buku per tahun. Artinya, dalam setiap 1000 orang hanya ada 1 orang yang minat baca. Kondisi ini tentu sangat jauh jika dibandingkan dengan negara maju dimana minat baca mereka sangat tinggi, yakni 20-30 buku per tahun.

Konsep program Sekolah Literasi Indonesia ini diperoleh setelah melalui beberapa proses pengembangan dan penyempurnaan dari konsep-konsep sebelumnya. Antara lain, dalam proses awal program dilaksanakan pelatihan bagi Guru-guru dari berbagai sekolah dan dari berbagai daerah mulai dari Aceh sampai Papua, pelatihan setiap minggu selama setahun bagi guru-guru terpilih, kemudian akhirnya lahirlah konsep Sekolah Literasi Indonesia dengan metode USWAH. (PM)

Komentar

komentar