Aksi Guru Bandung Untuk Literasi Negeri

IMG_0756

Ada yang berbeda dari suasana Bank Indonesia Jl. Braga no. 108 Bandung siang itu, puluhan guru dari berbagai jenjang se-Kota Bandung berkumpul menghimpun senyum dan semangat untuk belajar membuat board game yang dilaksanakan pada Jum’at, 11 Agustus 2017 lalu. Bekerja sama dengan Perpustakawan KPw BI Prov. Jabar dan GSSI (Generasi Semangat Selalu Ikhlas), KOMED menginisiasi workshop dengan harapan dapat membagi manfaat dan keterampilan membuat papan permainan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.

IMG_0753

KOMED adalah komunitas media pembelajaran, merupakan taman guru sebagai wadah belajar dalam meningkatkan kapasitas pengajaran, khususnya meningkatkan keterampilan membuat media. Perbaikan kualitas pembelajaran adalah PR yang harus dikerjakan bersama, dari tataran manajerial hingga metode pengajaran harus dikuasai terutama oleh guru-guru, dalam hal ini KOMED ambil bagian untuk mewujudkan hal tersebut melalui workshop membuat Board Game Literasi, yang pada acara hari itu disampaikan dan difasilitasi oleh Nurul Aeni, Founder Komunitas media pembelajaran.

IMG_0716 IMG_0713

Literasi menjadi topik favorit yang menjadi perbincangan elemen penggiat literasi di seluruh negeri, menjadi penting mengingat kondisi tingkatan literasi bangsa ini dipandang sangat rendah dan tak mampu bersaing di antara negara – negara lain yang dinilai PISA (Programme for Internasional Student Assesment). Mewujudkan topik tersebut ke ranah praktis, KOMED menginisiasi workshop membuat board game literasi. Peningkatan angka literasi bisa dilakukan dari yang paling mungkin bisa dilakukan di tataran paling dasar, yaitu menumbuhkan minat literasi anak dengan menghadirkan media – media menyenangkan. Dengan workshop tersebut harapannya bisa menjawab sekelumit permasalahan tingkatan melek literasi.

IMG_0709 IMG_0764

Workshop yang berdurasi hanya 4 jam, dari jam 13.00 – 17.00, guru – guru mampu menghasilkan boardgame dengan ragam kreasi. Dari total 82 peserta yang ikut, terdapat 11 board game yang dihasilkan dan siap pakai. Seluruh guru antusias mengikuti aktivitas di hari tersebut. Workshop dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh bapak Nandang Rudiyatna perwakilan dari Bank Indonesia dan Drs. Akhmad Taufan, M.Pd yang merupakan kepala P3TKSD Kota Bandung. Workshop ini dikemas dengan sangat happy, ada ice breaking yang sangat menguras tawa, materi workshop yang sangat ringan dan proses pembuatan boardgame yang alot diskusi.

IMG_0723 IMG_0734 IMG_0737

Sinergi dari berbagai pihak untuk mewujudkan suksesnya workshop tersebut, semoga menjadi awal yang baik untuk menumbuhkan motivasi seluruh guru dalam menciptakan beragam karya yang bermanfaat bagi dirinya dan bangsa.

Komentar

komentar