Adiwiyata Nasional di Depan Mata

Setelah melewati beberapa proses yang melibatkan beberapa pihak, akhirnya Senin, 24 Maret 2014, SDN 4 Ketapang, Sampit menerima Piagam Adiwiyata tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Piagam yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala SMK Negeri 2 Sampit yang dipercaya sebagai sekolah percontohan Adiwiyata di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Untuk lolos penilaian Adiwiyata tingkat Kabupaten, SDN 4 Ketapang melewati beberapa proses yang melibatkan pihak internal sekolah maupun pihak eksternal. Proses yang melibatkan pihak internal sekolah dimulai dari pengoptimalan peran guru untuk melakukan pembelajaran yang berwawasan lingkungan seperti penerapan prinsip 3R (reduce-reuse-recycle) pada alat peraga maupun display kelas, pemilahan dan pengolahan sampah sesuai jenisnya, hingga penghijauan lahan sekolah.

Tidak hanya mengoptimalkan konsep Sekolah Ramah Hijau, Pendamping Sekolah – Tri Raharjo – juga menggandeng pihak eksternal yang berkepentingan, yaitu Dinas Kehutanan dan Badan Lingkungan Hidup daerah setempat, serta SMKN 2 Sampit sebagai mitra kerja persiapan dokumen kelengkapan Adiwiyata. Dengan kemitraan tersebut, SDN 4 Ketapang mendapatkan kemudahan akses dalam mengikuti seluruh ketentuan dan persyaratan menjadi sekolah berwawasan lingkungan yang menjadi salah satu poin yang terdapat dalam Visi dan Misi yang dicanangkan sekolah.

Sebagai lanjutannya, SDN 4 Ketapang diikutsertakan dalam seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dengan peluang besar lolos kembali dan mengikuti tahapan selanjutnya: tingkat Nasional. Apapun hasilnya, Adiwiyata hanya salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah atas upaya penanaman karakter cinta lingkungan pada sekolah kami. Lebih dari itu, anak didik kami mengetahui persis bumi ini perlu dijaga, dirawat, dan mereka siap menjadi bagian di dalamnya. Itu lebih menyenangkan!

Tri Raharjo
Pendamping SDN 4 Ketapang, Sampit
Kalimantan Tengaha

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.