Sapa Tenjolaya, Si MoBa Siap Tebar Manfaat Literasi

Sapa Tenjolaya, Si MoBa Siap Tebar Manfaat Literasi

Bogor – Sebagai rangkaian perjalanan memperkenalkan literasi kepada masyarakat di 22 titik wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, pada Senin hingga Jumat (17-21/02) Si MoBa (Si Mobil Baca) berkunjung ke Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Pondok Pesantren Bhakti Nugraha menjadi destinasi kedua setelah sebelumnya Si MoBa melakukan eksekusi perdananya di Cianten. Dalam eksekusi kedua ini Si MoBa kembali memboyong program-program andalannya seperti pelatihan Fun Literacy Activity, Fun Reading Activity, pelatihan menulis bagi remaja,pengelolaan sampah bagi masyarakat, dan motivasi untuk remaja. Ditemani Teman Si MoBa dan pelajar dari Pondok Pesantren Bhakti Nugraha, selama tiga hari sebanyak 270 orang telah terpapar program unggulan Si MoBa.
Menurut Muhammad Iqbal, Koordinator Si MoBa, Si MoBa terus melebarkan sayapnya demi memberikan kebermanfaatan lebih luas ke masyarakat khususnya di bidang literasi. “Si MoBa mampu membuka gerbang akses buku lebih luas untuk masyarakat, sehingga masyarakat terutama anak-anak dapat mendapatkan akses membaca buku yang lebih beragam dan berkualitas. Tak hanya menyediakan ragam buku dan kegiatan berkualitas, Si MoBa juga dapat digunakan sebagai wahana edukasi serta rekreasi berbasis literasi,” ujar Iqbal.
Iqbal menambahkan salah satu kelebihan Si MoBa ialah memberikan pelatihan pengembangan diri kepada masyarakat agar lebih berdaya. Si MoBa juga digadang dapat memberikan dampak baik secara konsisten karena memberikan alternatif terhadap solusi peningkatan kualitas literasi di masyarakat.
“Kami optimis kehadiran Si MoBa di tengah-tengah masyarakat menjadi sarana pendidikan menyenangkan berbasis literasi, bersama Si MoBa optimasi fungsi perpustakaan dan TBM diyakini lebih maksimal dan menyenangkan sehingga  kebiasaan membaca dan berliterasi di masyarakat bukan sekadar wacana,” tegas Iqbal. (AR)

Komentar

komentar