Wujudkan Generasi Cerdas, Sekolah Ini Aktifkan Program Literasi

PEKAN_LITERASI

Salah satu sekolah di Kecamatan Tinanggea, Desa Bomba-bomba, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudhatul Jannah aktifkan program pekan literasi.

Kepala Sekolah Imanudin MI Raudhatul Jannah mengungkapkan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Dimana kegiatan literasi mulai dilaksanakan sejak Rabu (2/8/2017).

“Dalam pelaksanaannya pekan Literasi dilakukan setiap hari rabu. Kegiatan ini dapat berupa membaca cerita oleh guru setelah itu dilanjut setiap perwakilan kelas membacakan cerita dari buku bacaan yang mereka baca selama kegiatan 15 menit sebelum pembelajaran. Namun untuk permulaan pembacaan cerita baru dilakukan oleh perwakilan kelas,” ungkap Imanudin.

Sementara perwakilan Wali Kelas IV Tuti mengatakan pekan literasi merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh MI Raudhatul Jannah dalam meningkatkan minat baca anak.

Bukan hanya itu dengan adanya pekan literasi siswa dapat belajar bercerita di depan teman-temannya sebagai upaya memupuk rasa percaya diri siswa. Selain mengasah mental, pekan literasi juga dapat mengembangkan kempuan siswa dalam public speaking.

“Meskipun pekan Literasi ini masih banyak yang perlu di evaluasi, tetapi saya bangga melihat anak-anak sudah berani tampil untuk bercerita dan saya juga berharap pekan Literasi ini dapat memupuk semangat siswa-siswi MI Raudhatul Jannah dalam hal membaca, menulis dan bercerita,” pungkas Tuti.

Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalag bagaiamana melahirkan generasi cerdas yanf memiliki kemampuan dan etika yang baik. (B)

 

Sumber: http://zonasultra.com/wujudkan-generasi-cerdas-sekolah-ini-aktifkan-program-literasi.html

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044