Usia Menua tetapi Jiwa dan Semangat Tetap Muda

Usia Menua tetapi Jiwa dan Semangat Tetap Muda

Bapak Nukman H. Maknum lahir pada 26 April 1952. Saat ini usianya menginjak setengah abad tepatnya 66 tahun. Beliau sekarang tinggal bersama istri dan anak bungsunya yang masih mengeyam pendidikan di perguruan tinggi. Beliau memiliki tujuh orang anak dan semuanya sudah hidup mandiri. Semenjak kecil sampai sekarang beliau tinggal di Desa Meranjat Ilir Kecamata Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Sumatra Selatan.

Beliau sedari kecil hingga kini beraktivitas di SD Pidua Meranjat, ketika kecil beliau menjadi murid dan kini menjadi guru sekaligus kepala sekolah. SD Pidua Meranjat merupakan yayasan pendidikan yang dikelola oleh keluarga Bapak Nukman H. Maknum dan sudah jadi warisan keluarga besar H. Nukman.

Pak Nukman meskipun diusianya yang sudah menua, namun secara fisik beliau masih terlihat gagah dengan badan dan kondisi tubuh yang bugar. Jiwa dan semangatnya masih tetap muda untuk memajukan pendidikan. Beliau selalu menerima kritik dan saran dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah yang dipimpinnya. “Saya mengharapkan saran-saran dari Konsultan SLI untuk meningkat kualitas SD Pidua Meranjat dan kami juga membutuhkan dampingan dalam menjalankannya” jelas Bapak Nukman H. Maknum ketika bercerita dengan Konsultan SLI yang di tempatkan di wilayah Ogan Ilir.

SD Pidua Meranjat merupakan salah satu sekolah penerima manfaat dari Dompet Dhuafa Pendidikan melalui program pendampingan sekolah dari Konsultan Relawan SLI pada tahun kedua. SD Pidua Meranjat salah satu contoh sekolah yang memiliki komitmen bersama untuk memajukan kualitas pendidikan, baik dari kepala sekolah, tenaga kependidikan maupun dari fasilitas sekolah yang dimiliki. Meskipun SD Pidua Meranjat merupakan yayasan keluarga, tetapi pendidikan yang diselenggarakannya tetap untuk umum dalam memajukan pendidikan untuk anak-anak di Desa Meranjat dan sekitarnya.

Usia yang mulai senja tidak mematahkan semangat Bapak Nukman untuk memajukan pendidikan di SD Pidua Meranjat yang dipimpinnya. Beliau memiliki semangat yang tinggi untuk meningkatkan kualitas di sekolah, baik untuk para guru maupun siswa-siswanya. Beliau sering menunaikan saran dari Dinas Pendidikan maupun Kawan SLI dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SD Pidua Meranjat. “Jika itu bisa memajukan dan meningkatkan kualitas sekolah, maka saya akan berusaha untuk melakukannya sesuai dengan kemampuan sekolah yang saya pimpin” ungkap Bapak Nukman H. Maknum kepala SD Pidua Meranjat.

Salah satu contoh yang dapat diamati secara langsung yaitu ketika beliau mengikuti kegiatan rapat dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir, maka ada instruksi dari kepala dinas untuk membuat sanggar sesuai dengan kemampuan sekolah. Esok harinya beliau langsung menggumpulkan dan mensosialisikan kepada seluruh guru bahwa ada instruksi pembuatan sanggar, kemudian dari hasil kesepakatan bersama maka sanggar itu terbentuk dan terlaksana di hari berikutnya. Ini merupakan salah bukti bahwa beliau selalu ingin maju dan mengembangkan kualitas pendidikan sekolah sesuai dengan kemampuan warga sekolahnya. (LR)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044