Training for Trainer Guru Sungai Danau

“Guru di gugu dan di tiru”, begitulah pepatah yang melekat pada para guru. Guru sebagai contoh yang akan di perhatikan oleh siswanya, ditaati, dipatuhi dan diikuti. Oleh karena itu penting bagi seorang guru untuk memahami karakter siswanya dan mampu berkomunikasi dengan baik. Hal ini terkait dengan perlunya penguasaan public speaking, terutama bagi guru dalam mendidik peserta didiknya, memimpin rapat dan mengisi pelatihan. Dengan komunikasi yang baik guru dapat memasuki dunia anak-anak dan orang dewasa. Selain itu guru juga mampu menjadi fasilitator layaknya sebuah jembatan bagi peserta didiknya agar mampu meraih prestasi dan cita-citanya.Sehubungan dengan hal ini, Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa menyelenggarakan Training for Trainer (TFT) untuk para guru di SDN 06 Sungai Danau, Satuai, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada tgl 16-17 Mei 2013. Pelatihan tersebut adalah sebagai upaya untuk membentuk guru-guru yang berkualitas tidak hanya sebagai pengajar dikelas namun kedepannya mampu mejadi trainer yang handal.

Peserta pelatihan di khususkan bagi guru-guru dampingan di SDN 06 Sungai Danau, serta turut hadir beberapa undangan dari Branch Office PT. Trakindo Satui, dan ketua UPTD Satui.Training for Trainer (TFT) yang di selenggarakan selama 2 hari tersebut di isi oleh bapak M. Zulfikarullah yang merupakan trainer dari “Kubik” Training and Consultancy dan dibantu oleh bapak Abdulloh Trainer dari Makmal Pendidikan. Dihari pertama peserta pelatihan dibekali dengan beragan materi Pablic Speaking, masing-masing materi tersebut dirakum menjadi 3 sesi yang disebut dengan “FIT” Model of Training yaitu Fudamentals of Pablic Speaking, Impressed Technique in Communication dan Taking Full Attention of Audience.Di sesi pertama peserta di bekali dengan materi dasar-dasar menjadi pembicara yang baik, trik menghilangkan nervous dan bagaimana cara menghilangkan rantai gajah yang selama ini berada didalam pikiran kita. Agar terjadi perubahan tidak seperti kaset yang diputar berulang-ulang, membosankan. Semua ini penting dilakukan bagi seorang guru karena guru sebagai pecetak juara-juara anak bangsa.Sementara itu di sesi ke dua di beri materi mengenai beberapa gaya sosok pembicara, olah vokal, olah tubuh dan olah pesan. Kemudian dilanjutkan sesi ke tiga dengan materi teknik membuka dan menutup presentasi, karena bisa jadi kesan pertama dan utama menentukan kesuksesan dalam presentasi. Di akhir pelatihan hari pertama peserta di bentuk mejadi beberapa kelompok dengan membuat yel-yel penyemangat. Selanjutnya masing-masing peserta dalam kelompok mencoba presentasi didepan kelompoknya sesuai materi dan benda yang mereka pilih, setelah itu dari setiap kelompok dipilih 3 orang untuk mewakili maju presentasi dihari ke 2. Super sekali hanya dengan waktu beberapa menit mereka sudah mampu menyampaikan materi dengan baik.

Hari kedua pelatihan semua peserta tampak berpakaian rapi dengan wajah penuh semangat karena akan bertemu kembali dengan seorang Speecher @ RCTI, TVRI, B-Channel dan beberapa radio di Jakarta bapak Zulfikar. Ada 7 peserta yang sudah terpilih untuk mempraktekkan ilmu yang sudah mereka dapat di hari pertama pelatihan. Setiap peseta diberikan waktu 12 menit untuk menujukkan kemampuan dalam hal public speaking secara lengkap. Mereka mengerahkan seluruh kemampuan yang ada untuk menampilkan performa terbaiknya dengan improvisasi yang menarik. Giliran trainer yang memberikan feedback selesai peserta menampilkan kemampuannya. Semua peserta merasa puas dengan masukan-masukan yang diberikan oleh pak Zulfikar, sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi peserta, bahkan menjadi pembicaraan yang positif bagi peserta walau pelatihan sudah berakhir, ini adalah demam Trainer yang mengesankan.

Semoga pelatihan TFT di hari tersebut menjadi penyemangat baru bagi guru-guru di SDN 6 Sungai danau, bukan hanya bagi diri mereka masing-masing tetapi dapat disebarkan pada peserta didik yang telah mereka rangkul. Sebagai mana diketahui guru adalah salah satu perubah wajah pendidikan Indonesia.

Tutiek Mardiyati – Pendamping Sekolah SDN 6 Sungai Danau

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044