TKQ Uswah Mulya Indonesia dalam Perjuangannya

TKQ Uswah Mulya merupakan salah satu sekolah inisiasi dari Sekolah Literasi Indonesia, Dompet Dhuafa. Sebuah  Taman Kanak-kanak Al-Qur’an yang  berada di pinggir kota Bandung. Dikategorikan sebagai sekolah yang berada di daerah urban membuat sekolah ini harus menjadi bagian yang memang butuh perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Awal Tahun 2018 sekolah ini sempat vakum karena tidak ada lagi masyarakat yang mendaftarkan anaknya disekolah tersebut, dan akhirnya menjadi sekolah yang telah ditinggalkan.

Awal kedatangan saya sebagai Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia memang sedikit memberi kejutan karena faktanya sekolah ini sudah tidak aktif lagi. Hal itu membuat ekspektasi saya mulai hilang tanpa harapan. Namun akhirnya saya bertekad agar sekolah ini harus diaktifkan kembali, memulainya dari nol. Saya mulai menghubungi kembali tenaga-tenaga pendidik yang mau kembali bergerak mengaktifkan sekolah ini. Dari tiga pendidik yang dulu mengajar, hanya satu orang saja yang akhirnya mau kembali ke sekolah, bu Dedeh namanya

Bersama bu Dedeh  saya mulai melakukan pergerakan, dari menghubungi para perangkat desa hingga mengumpulkan orang-orang yang mau mendukung sekolah ini aktif kembali. Alhamdulillah, masyarakat mendukung niat kami. Akhirnya pertualanganpun dimulai.  Saya dan Bu Dedeh mulai menyebarkan brosur penerimaan Peserta Didik baru, dan dimana pada awalnya sekolah ini bersifat gratis. Setelah melakukan penyebaran brosur sekolah, akhirnya terkumpulah 13 orang siswa, dan itu bagi kami merupakan  sebuah pencapaian yang luar biasa. Namun semakin hari siswa semakin bertambah, dari awalnya 13 orang sekarang akhirnya jumlah siswa menjadi 23.

Bagi saya Bu dedeh, lebih dari seorang guru biasa, beliau adalah relawan yang ikhlas mengajar anak-anak di TKQ Uswah Mulya. Karena pada dasarnya sekolah ini bersifat gratis, adapun sumber pendanaan dari sekolah ini adalah atas inisiatif orang tua mengumpulka infaq Rp,. 2000 perhari untuk setiap anak. Dan dari dana yang terkumpul dibelikan untuk fasilitas belajar siswa, seperti buku tulis, buku gambar, dan kebutuhan lainnya seperti biaya listrik, iuran sampah, dan lain sebagainya.

Kontributor : Reni Rahayu (Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa Pendidikan)

Mari bantu pendidikan Indonesia dengan berdonasi ke Dompet Dhuafa Pendidikan dengan mengirimkan donasi via Rekening BNI Syariah 2881 2881 26 an Yys Dompet Dhuafa Republika

Komentar

komentar