Tiga Tahun Mendampingi SDN 09 Ulakan Tapakis

Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, selasa 17 September 2013 kemarin mengadakan selamatan 3 tahun berjalannya program pendampingan sekolah di SDN 09 Ulakan Tapakis, Padang Pariaman. Acara tersebut sekaligus menandakan berakhirnya program pendampingan yang telah diberikan kepada sekolah selama 3 tahun belakangan dari Makmal Pendidikan.

Turut hadir di acara tersebut perwakilan dari PT. Trakindo Utama, perusahaan yang mensupport penuh keberlangsungan program pendampingan di sana. Tidak ketinggalan, sekitar 15 kepala  sekolah dasar dari sekolah sekitar turut hadir dalam acara tersebut, serta pihak dinas pendidikan Kabupaten Padang Pariaman yang saat itu diwakili oleh kepala UPTD Ulakan Tapakis turut mendukung kesuksesan acara pada hari itu.

Dalam sambutannya, PT. Trakindo Utama yang diwakili Branch Manager Cabang Padang, Bapak Alimuddin menyampaikan rasa terimakasihnya yang mendalam kepada pihak SDN 09 Ulakan Tapakis yang telah secara cooperative dan bersemangat dalam menjalankan program pendampingan yang telah diberikan oleh Makmal Pendidikan Selama 3 tahun terakhir. Beliau pun berharap agar apa yang telah dicapai selama ini tidak malah menjadi menurun setelah berakhirnya masa pendampingan.

Ibu Latifah Faray Manager Persekolahan Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa, yang berkesempatan mewakili Dompet Dhuafa untuk hadir pada kegiatan kali ini pun mengarapakan hal yang serupa. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa SDN 09 Ulakan Tapakis mempunyai potensi yang cukup hebat karena guru-gurunya yang berdedikasi tinggi. Hal ini merupakan modal yang penting bagi sebuah sekolah, beliau berharap kedepannya SDN 09 Ulakan Tapakis dapat menjadi model sekolah yang ideal bagi sekolah-sekolah sekitar, bahkan tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Para siswa dan dewan guru dari SDN 09 Ulakan Tapakis pun tidak mau kalah untuk ambil bagian dikesempatan kali ini. Mereka dengan sangat bersemangat untuk menampilkan beberapa pertunjukan seni dari sekolah mereka. Mulai dari tari tradisional khas tanah minang, tari kreasi hingga puisi. Decak kagum pun tidak bisa disembunyikan dari wajah para hadirin yang datang saat itu.

Program pendampingan sekolah yang dilakukan oleh Makmal Pendidikan di SDN 09 Ulakan Tapakis dimulai saat Dompet Dhuafa merasa perlu untuk merecovery pendidikan di Sumatera Barat pasca gempa hebat yang mengguncang tahun 2009 lalu. SDN 09 Ulakan Tapakis merupakan satu dari delapan sekolah yang didampingi untuk wilayah Sumatera Barat

Pada sekolah-sekolah tersebut, Makmal Pendidikan melakukan pendampingan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen sekolah, kualitas pembelajaran dan SDM guru, juga meningkatkan partisipasi dan kontribusi masyarakat di sekitar sekolah, sehingga pada akhirnya sekolah dampingan dapat menjadi sekolah rujukan bagi sekolah-sekolah di sekitarnya. Agar target pendampingan sekolah tercapai, pada setiap sekolah dampingan, Makmal Pendidikan menempatkan seorang pendamping sekolah. Setiap tiga bulan sekali, trainer Makmal Pendidikan hadir ke sekolah untuk memberikan pelatihan terhadap guru sekaligus memonitoring jalannya pendampingan sekolah.

Tiga tahun memang waktu yang singkat untuk sebuah upaya perbaikan kualitas pendidikan. Apa yang dilakukan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa juga belum menyentuh seluruh Sumatera Barat. Namun, semoga upaya ini mampu memberikan inspirasi agar semakin banyak orang bersedia memberikan kontribusinya untuk pendidikan negeri ini.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.