Teacher is Our Priority

Oleh: Nurul Aeni. Pengurus KOMED

 

Seorang atlet tenis meja tingkat kabupaten berlatih tanpa seorang pelatih. Setiap hari dia menonton YouTube dan menyaksikan atlet–atlet tenis meja internasional. Dari tayangan tersebut kemudian ia praktikkan di lantai dua rumahnya. Tanpa ada treatment dari pelatih, ia berhasil memboyong piala kejuaraan tingkat kabupaten dan sering dilibatkan dalam pertandingan tingkat provinsi.

 

Selama satu tahun belajar komputer, materi Membuat Desain tidaklah berguna bagi saya dalam meningkatkan keterampilan desain. Bahkan cenderung ilmu itu terlupakan begitu saja. Akan tetapi saat berkerja, saya malah mempelajarinya kembali melalui tutorial di YouTube dan Google. Kini dengan mudahnya saya bisa mempraktikkan dan menggunakan keterampilan desain tersebut untuk keperluan pekerjaan sehari–hari.

 

Di sisi lain, saat ini sering kali saya mendapati berita tawuran, kasus pelecehan anak, sering pula ada berita murid yang tidak menghormati guru dan lain sebagainya. Banyak pula netizen dari Generasi Z yang membanjiri komentar para artis dan selebgram dengan kata–kata kasar dan tidak pantas. Hal ini menandakan moralitas yang belum terdidik secara penuh. Ironis, di era kemudahan akses informasi ini malah banyak yang kehilangan moralitas.

 

Secanggih apa pun teknologi masa kini, kecerdasan buatannya ternyata belum mampu membantu anak–anak ber-akhlaqul karimah dalam bersosial masyarakat. Artinya, perlu insan terdidik yakni seorang guru untuk membersamai dan memfasilitasi pembelajaran anak–anak kita. Sehingga mereka tidak hanya cerdas dalam kognitif, tetapi juga emosi dan sosial. Begitupun dengan guru  yang harus terus meningkatkan keterampilan diri sesuai konteks zaman ini, sehingga memiliki keterampilan mengajar dengan metode terbarukan.

 

Karena itulah pengembangan diri dan keterampilan guru perlu diperhatikan dengan lebih serius, di samping peningkatan kesejateraan mereka. Bab ini berisi kisah-kisah inspiratif para guru, ditulis langsung oleh para guru sendiri.

Komentar

komentar