Tawa dan Haru Pentas Siswa

Awalnya dari sebuah kegiatan ekstrakurikuler di SDN 40 Pangkalpinang. Setapuh (Seni Tari SDN 40) yang fokus pada seni tari tradisional rutin dilakukan menghasilkan beberapa tarian kreasi.

Kemudian memberikan kesempatan mereka untuk pentas dihadapan guru ketika acara pembukaan pelatihan guru, selanjutnya ada respon yang memberikan kesempatan lebih besar dalam acara memeriahkan peresmian kantor baru PT. Trakindo Utama.

Informasi sampai kepada siswa dan semuanya menyambut dengan riang. Dua minggu sebelum hari-H merupakan hari penantian panjang bagi siswa. Ada yang menyampaikan di sela latihan sebelum perform “Ibu, di kalender HP tanggal 26 sudah kuberi tanda dan alarm, hari itu aku tunggu untuk pentas..” ungkap Adel anggota SETAPUH.

Ketika ada kabar pentas harus diundur, wajah kecewa nampak jelas dari para siswa, “kenapa bu, kenapa bu, kenapa diundur?”, itu adalah pertanyaan yang selalu berulang muncul ketika ada kesempatan bertemu.

Saat latihan?, itu merupakan saat yang istimewa. Menghargai proses adalah harga mati ketika mempersiapkan pentas walaupun pentas nanti hanya berdurasi selama lima menit. Di saat istirahat yang hanya 15 menit, sering sekali para siswa menghampiri pendamping sekolah, diawali dengan salam mereka langsung mengatakan “jadi latihan kan bu?, ayo latihan bu, di depan perpustakaan ya bu?”, Alhamdulillah, semangat yang luar biasa.

Walaupun sering sekali pendamping sekolah rewel tentang hal kecil dari detail gerakan siswa, tapi mereka selalu bilang “ Aok bu, aok la bu,” (mengiyakan dalam bahasa Bangka) tidak Nampak mereka putus asa, malah semakin berusaha untuk memperbaiki diri, positif sekali kan?. Sempat terpikir kalau saya berada di posisi mereka mungkin saya akan mundur menyerah tidak akan latihan lagi. Akhirnya tidak tega dan pada saat itu pujian pun dikeluarkan untuk mengimbangi semangat latihan mereka para siswa berbakat.

Gladi resik pun tiba, mereka semakin riang, “bu mana mobilnya?, kita dijemput pakai mobil apa?, yang jemput siapa?, nanti mampir ke makam pahlawan ya bu?” ada saja pertanyaan yang kreatif dari mereka, jawaban amannya, “sabar ya,, kita lihat siapa yang menjemput dan pakai mobil apa, emangnya mau dijemput pakai mobil apa?” dan suasanapun ramai seketika dengan ocehan polos para generasi kreatif. Berbeda ketika hari pertama gladi resik dijemput menggunakan mobil trakindo, hari kedua dengan berbagai pertimbangan pendamping sekolah menggunakan angkutan kota untuk transportasi siswa menuju lokasi, ekspresipun berubah “bu, kok angkot? Gak keren bu..” yang lain “ asyik, seger anginnya gak banyak AC..”, dan tawa merekapun meramaikan angkot.

Hari-H tiba, dengan syarat wajib sarapan sebelum berangkat, para siswa sudah mengetuk pintu kost pendamping sekolah sejak pukul 5.30 wib. Mereka tidak sabar mengantri untuk dirias. Berbagai percakapan muncul, “bu, bulu mataku lepas, bu gincunya hilang, bu aku bunganya warna merah, aku putih, bu pasangin ini, bu pasangin itu….” Satu kata “Seru sekali…!!!”

Setelah riasan usai tepat waktu, 13 orang siswa berangkat menuju lokasi kantor baru PT. Trakindo Utama Cabang Kota Pangkalpinang. Setelah pengecekan kelengkapan sebelum pentas dan sedikit pengarahan dan doa bersama. Waktupun tiba, pentas akan segera dimulai. Gugup tapi sangat percaya anak-anak akan penuh tanggungjawab menampilkan yang terbaik dari diri mereka. Bismillah merekapun menguasai panggung.

Alhamdulillah,,,Selamat Setapuh, mereka sukses. Terimakasih Setapuh!

Terimakasih Naswa Alyssa Azzahra atas puisinya! Warna tawa dan haru ini semoga menjadi pengalaman berharga. Amiin.

Penulis adalah pendamping sekolah Makmal Pendidikan untuk SDN 40 Pangkalpinang

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044