Tampil di Televisi Berkat SLI

Oleh: Ningsih Pardosi
Kepala MI Al Hidayah – Medan (Sekolah dampingan Makmal Pendidikan di Kota Medan)

Screenshot_20180307-220945_1

Ini seperti hadiah yang diberikan Allah Swt. kepada kami. Dipercaya untuk tampil pada acara Dongeng Anak di TVRI Sumatera Utara yang tayang pada Sabtu 24 Februari 2018. Walau hanya sebuah tarian pembuka pada acara tersebut sungguh suatu hal yang mengesankan bagi kami. Persiapan yang hanya dua pekan mampu dilakukan berkat besarnya antusias anak-anak dan guru-guru yang luar biasa.

Namun hadiah tidak pernah kita dapatkan tanpa ada usaha, dari hukum logika manusia, suatu hal yang mustahil sebuah hadiah didapatkan bila kita berdiam diri. Giatnya berbuat oleh kepala sekolah dan guru-guru MIS Al Hidayah selama ini telah mendatangkan hadiah tersebut.

Berawal dari kegiatan Literasi di MIS Al Hidayah tepatnya sejak dipercaya menjalankan program Sekolah Literasi Indonesia (SLI) dari Makmal pendidikan tahun 2017 yang lalu telah banyak melahirkan ide-ide kreatif dalam meningkatkan performa sekolah ini. Salah satunya ‘siswa berkisah’. Program ini menjadi program andalan di sekolah kami. Siswa lebih percaya diri dan mampu untuk berbicara di depan umum. Kemampuan literasi mereka lebih terasah bukan hanya kemampuan membacanya yang rutin namun kemampuan menyampaikan apa yang dibaca lebih terarah dan sistematis. Program ini telah merubah hubungan siswa dan guru. Guru dan siswa lebih akrab, guru menjadikan siswa sebagai teman. Sehingga keakraban tersebut berpengaruh pada proses belajar mengajar di kelas menjadi lebih menyenangkan.

Untuk meningkatkan wawasan berkisah/berdongeng bagi guru dan siswa, kita juga sering mengundang KaDo Medan ( Kampung Dongeng Medan) sebagi pengisi dongeng pada program Hikayat Jumat di MIS Al Hidayah.

 

Nah, dari hubungan yang baik inilah KaDo Medan mengundang Mis Al Hidayah menampilkan tariannya pada acara Dongeng Anak di TVRI.

Pencapaian ini tidak akan diraih tanpa adanya komitmen dan kerjasama seluruh anggota sekolah. Sebab mimpi itu bukan hanya milik Kepala Sekolah tapi juga guru, siswa dan masyarakat.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044