Siapa Sangka Kalau Ternyata Guru pun Butuh “Model”

Siapa Sangka Kalau Ternyata Guru pun Butuh “Model”

“Pak, besok jam 10 ya supervisi kelas saya? Saya malah deg-degan,” kata Ibu Yayah, guru senior untuk Bahasa Arab MI Al Huda Bekasi. Ini cuplikan percakapan yang memunculkan persepsi jika memang banyak guru masih tidak percaya diri dalam mengajar di kelas. Pertanyaan berikutnya adalah tantangan apa saja yang dihadapi guru hingga kepercayaan diri mereka belum muncul.

Setidaknya terdapat 2 faktor yang berpotensi menyebabkan mereka tidak percaya diri, pertama, faktor internal dalam diri guru itu sendiri yang meliputi kompetensi dan keterampilan mengajar. Aspek internal ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan saat ini yang tidak memerhatikan pola rekrutmen antara kebutuhan sekolah dan kompetensi calon guru. Sekolah dihadapkan persoalan finansial dan SDM sehingga mereka menerima guru yang memang siap untuk mengabdi sebagai guru.

Kedua, faktor eksternal, yaitu ketidakteraturan pengelolaan SDM guru dari instansi di atas sekolah, sebut saja pengawas/UPTD dan setingkat Dinas Kabupaten/Kota. Peningkatan kompetensi mengajar guru belum dilakukan secara optimal sehingga sekolah dan guru hanya melakukan fungsi administratif sebagai pelaporan pertaggungjawaban kegiatan sekolah. Selebihnya, sekolah dan guru tidak mendapatkan pendampingan yang baik, tidak lebih hanya pengarahan.

“Wah…Pak Agung nyaman sekali mengajarnya,mengalir gitu… Anak-anak pada seneng, resep lihatnya,” kata Bu Yantih, Guru Kelas III. Pernyataan kekaguman guru setelah dilakukan modelling kelas. Mereka mengungkapkan selama ini tidak pernah ada contoh bagaimana mengelola kelas dan mengajar dengan banyak metode. Hasil modelling ini membuka mata para guru bahwa ketika menggunakan 4-5 metode pembelajaran di kelas akan membantu siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

 

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044