papua

Si Cantik SD Inpres Timika II

Sekolah  kami  akan  dikunjungi  oleh  Tim  Penilai Adiwiyata tingkat Nasional. Dengan harapan besar agar SD Inpres Timika II mendapatkan penghargaan sebagai sekolah berwawasan lingkungan, Kepala Sekolah dan guru-guru makin asyik menghijaukan lingkungan sekolah.

Kami pun menggelar rapat dadakan kecil-kecilan. Sambil melahap gorengan, seorang guru mengusulkan agar setiap siswa wajib membawa dirigen bekas minyak tanah untuk dijadikan pot tanaman kelas plus tanaman-tanamannya. Tidak mau ketinggalan, Ibu Guru yang sedari tadi duduk di pojok ruangan nyeletuk memberi saran agar pot-pot tanamannya dicat.

Bu Guru yang baru saja melahirkan menambahkan, akan bersedia mengajarkan bagaimana caranya membuat tas belanjaan super duper keren dari 300 bekas kemasan teh gelas. Bu Guru lain yang hampir melahirkan dengan semangat mengiyakan. Pak Guru yang istrinya baru saja melahirkan tersenyum sedikit sambil menyeruput kopinya di bangku belakang.

Eits! Anak-anak tentunya tidak ketinggalan. Setelah diumumkan, besoknya semua siswa sibuk dengan bawaan masing-masing.

Ada yang membawa dirigen bekas, ada juga yang membawa dirigen baru. Ada yang membawa tanaman hias, ada yang membawa tanaman hias temannya. Pace satu dorang tra mau kalah, bawa pupuk kandang freshly from ‘oven’. Cantik, kan?

Bagaimana pun hasilnya penilaian nanti, kebersamaan untuk menghijaukan sekolah sudah menjadi prestasi tersendiri. Mempercantik rupa sekolah dilakukan secara sadar dan melibatkan semua warga sekolah.

 

Ahmad Fauzan

Pendamping Sekolah Cerdas Literasi SD Inpres Timika II, Mimika, Papua (Periode 2012-2013)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044