KOMED MAIN SAINS

Serunya KOMED Main Sains

Tangerang – Tak seperti biasanya, pada sabtu ini tepatnya tanggal 03 Agustus 2019 kami harus berangkat pagi sekali menuju salah satu sekolah di daerah Tanjungkait Mauk. Kami berangkat bertiga bersama bu Yuni, miss Zubaedah, bu Umi dan bu Rohmah. Perjalanan ini kami lakukan dalam rangka pelaksanaan acara main sains. Main sains merupakan kegiatan bersenang – senang dalam praktik sains sederhana yang biasa terjadi di keseharian kita.  Terdapat beberapa demonstrasi main sains oleh pembicara dan kegiatan main sains yang dilakukan oleh peserta. Acara ini terselenggara oleh KOMED (Komunitas Media Pembelajaran) yang bekerjasama dengan PKG PAUD Kec.  Mauk – Tangerang.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi seisi mobil bertambah ramai karena kami berdiskusi mempersiapkan acara diselingi dengan adu argumentasi dan canda tawa tak berkesudahan, sangat luar biasa suara di dalam mobil yang hingar bingar sehingga tak terasa perjalanan berlalu secepat kilat.

Pukul 09.15 kami pun tiba di lokasi PAUD AN NAJAH Kecamatan MAUK disambut oleh Kepala Sekolah An Najah ibu Munajah. Alhamdulillah kelas tempat main sains sudah dipenuhi oleh peserta yang berasal dari beberapa PAUD yang tergabung di PKG PAUD Kecamatan Mauk.

Main sains dimulai dengan pembukaan oleh bu Munajah sebagai tuan rumah penyelenggara, dilanjutkan selayang pandang KOMED oleh saya sendiri. Dalam sesi ini saya memperkenalkan program-program dan kegiatan-kegiatan KOMED ke peserta main sains yang dihadiri sekitar 50 peserta. Para peserta antusias mendengarkan dan memperhatikan materi tentang KOMED.

Materi yang dinantikan akhirnya dimulai dengan penampilan pemateri yang sudah handal yaitu ibu Umi Barokah. Senyum hangat dan semangatnya yang membara membuat peserta terkesima menyimak materi yang disampaikan. Demo sains yang pertama yaitu belalai gajah dengan alat dan bahan sederhana namun dengan hasil yang keren dilanjut percobaan memecahkan balon dengan hanya mengusapkan tangan ke balon, menusukkan jarum ke balon dan mencampurkan cairan kimia yang dapat menyerupai lava gunung berapi. Semua percobaan sains diikuti dan dipraktekkan oleh para peserta dengan antusias yang tinggi, semua ingin mencobanya dengan semangat.

Kegiatan selanjutnya dipandu oleh bude Yuni yang diawali dengan perkenalan dan sedikit penjelasan tentang manfaat main sains untuk anak usia dini. Kit atau peralatan main sains dibagikan ke peserta, untuk tiap peserta mendapatkan 1 kantong yang di dalamnya terdapat peralatan dan bahan 10 macam percobaan sains.

Satu demi satu percobaan dilakukan oleh peserta dipandu dengan apik dan menarik oleh bude Yuni. Tak sendiri, kegiatan ini dibantu oleh para relawan yang gesit seperti  bu Roro, bu Rohmah dan miss Zubaedah.  Beberapa percobaan berhasil kami buat seperti membuat baling-baling kertas, ulat menggeliat, baling-baling sentrifugal, pesan rahasia, roket, tabung, dan gelas tertawa. Peserta aktif maju ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil pengamatan mereka terhadap percobaan sains yang sudah dilakukan.

Akhirnya kegiatan main sains ditutup dengan memberikan apresiasi untuk para peserta terbaik, terajin, tersemangat, serta sekolah yang paling banyak mengirimkan gurunya. Alhamdulillah main sains selesai ditutup dengan pesan dari bu Umi bahwa guru yang baik adalah yang amanah, yang siap berbagi ilmu yang telah didapatnya ke teman-teman maupun ke anak didiknya.

Sebelum perjalanan pulang kami mampir ke perkampungan nelayan yang tak jauh dari lokasi main sains. Di sana kami bertemu ibu- ibu dan anak-anak yang sedang mengupas kerang hijau , juga para nelayan yang sedang memperbaiki perahu, jala serta peralatan untuk menangkap ikan. Kamipun kembali pulang dengan perasaan bahagia karena bisa bertemu dan berbagi dengan guru-guru hebat disana.

Kontributor : Euis (Pengurus Komunitas Media Pembelajaran)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044