Serunya Belajar Literasi di Batang Pohon Saumlaki

Di MI Al-Azhar Saumlaki, ada sebatang pohon yang digemari anak-anak. Mereka senang bermain di pohon itu. Melihat hal tersebut, Dwi Wahyu Alfajar, Kawan SLI yang bertugas di sekolah itu, menjadikan si batang pohon sebagai tempat belajar.

“Saya membebaskan anak-anak untuk belajar di tempat yang membuat mereka nyaman. Ini sudah menjadi kebiasaan saya saat mengajar. Biasanya sore hari, anak-anak belajar literasi di pohon ini,” kata Dwi.

Dwi juga menyatakan bahwa membebaskan anak-anak belajar dengan cara mereka masing-masing adalah tantangan tersendiri bagi pengajar. “Tapi sebisa mungkin kami coba untuk dapat mengatasi tantangan itu,” lanjut Dwi.

Sudah satu tahun Dwi bertugas di Saumlaki, ibukota Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kepulauan Maluku. Dwi adalah satu dari 30 orang Kawan SLI yang bertugas di seluruh penjuru Indonesia. Tugas utama mereka adalah mendampingi para guru di sekolah penempatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

SLI sendiri merupakan program Dompet Dhuafa Pendidikan yang berkonsentrasi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan kultur sekolah dengan pendekatan khas literasi. Tahun ini program SLI berjalan di 30 sekolah secara bersamaan.

Program ini akan berlangsung selama tiga tahun, hingga 2021 mendatang. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu. Hingga kini telah ada 100 sekolah yang merasakan kemanfaatan program ini. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di seluruh provinsi nusantara.

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044