Makmal Penddidikan Maluku - Sekolah Baru Semangat Baru 1

Sekolah Baru, Semangat Baru

Alhamdulillah, di 1 Desember 2018 menjadi hari terakhir Ulangan Akhir Semester Ganjil bagi anak-anak di MI Al-Azhar Saumlaki. Sebelum ulangan dimulai, anak-anak sudah bersiap untuk beres-beres peralatan dan perlengkapan yang ada di sekolah lama. Lho kok diberesi? Iya. Karena, anak-anak akan pindah ke gedung sekolah baru. Setelah ulangan, dengan semangat 45, mereka bekerjasama membantu para ibu guru untuk packing segala peralatan yang ada di sekolah lama.

“Katong su mau pindah ke gedung sekolah baru, kalian senang ka seng?” Tanya kepala madrasah kepada anak-anak.

“Beta senang sekali, Ibu Guru. Katong su punya gedung sekolah baru,” ucap salah satu siswa.

Memang sejak tahun 2016, MI Al-Azhar Saumlaki mengontrak 3 ruangan di Jl. Bukit Duri Saumlaki dengan biaya sewa sekitar 21 juta per tahun. Dua tahun sudah pemasukan yang diperoleh madrasah diotak-atik guna membayar biaya sewa gedung yang tak murah. Tak heran jika peralatan dan perlengkapan yang mendukung kegiatan guru dan siswa di sekolah masih sangat terbatas.

2. Makmal Penddidikan Maluku - Sekolah Baru Semangat Baru 2
2. Makmal Penddidikan Maluku – Sekolah Baru Semangat Baru 2

Meskipun demikian, sejak cairnya bantuan dari Kementerian Agama Republik Indonesia, MI Al-Azhar Saumlaki diberi kesempatan untuk membangun 2 buah ruang kelas. Atas musyawarah yang dilakukan oleh pihak madrasah, yayasan, dan panitia pembangunan maka diputuskan untuk membangun 2 ruang kelas dan 1 ruang guru. Pembangunan dimulai sejak Juli 2018 dan rampung di akhir Desember ini.

Kalau dilihat memang pembangunan gedung ini dirasa sangat lama, hal ini bukan tanpa alasan. Kurangnya biaya menjadi kendala utama panitia pembangunan dalam merampungkan gedung sekolah baru. Terlebih ketika perkara pembebasan lahan yang belum juga selesai. Beragam kendala muncul selama pembangunan gedung sekolah baru. Bahkan sampai saat ini, kamar mandi pun belum dibangun.

Meskipun demikian, sejak pindahnya anak-anak ke gedung sekolah baru pada 3 Desember 2018, pancaran kebahagiaan muncul di wajah polos anak-anak. Kebahagiaan terlihat ketika mereka bermain, berlarian ke halaman untuk mencari belalang. Iya, sekolah baru kami memang berada di dekat hutan jati, jadi ketika masuk musim penghujan seperti ini, banyak belalang bermunculan di rumput-rumput tinggi yang mengelilingi sekolah. Selain itu, kebahagiaan anak-anak juga terlihat dari celotehan mereka, “sekolah kita sudah ada lantainya sekarang.”

Kebahagiaan juga tak hanya muncul di wajah anak-anak, para gurupun sudah mulai membuat beragam rencana untuk memperindah kelasnya. Sang kepala madrasah juga berencana untuk memperindah lingkungan sekolah. Sebagai KAWAN yang mendampingi mereka, saya pun ikut berbahagia. Meskipun banyak kendala-kendala yang mengiringi pembangunan gedung sekolah baru ini, cercah-cercah harapan agar MI Al-Azhar Saumlaki menjadi sekolah islam terbaik di Kepulauan Tanimbar terlihat dari semangat pengabdian dan perubahan mereka.

Kontributor : Fajar (Kawan SLI penempatan Kab. Maluku Tenggara Barat)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044