Satu Atap tak Menyurutkan Asa

Satu purnama sudah saya sebagai Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia  Dompet Dhuafa Pendidikan bertugas disini tepatnya di MTs Al-Ikhlas Kubung. MTs Al-Ikhlas Kubung adalah sebuah Madrasah setingkat Sekolah Menengah Pertama yang terletak di Desa Kubung,Kecamatan Bacan Selatan,Kabupaten Halmahera Selatan,Provinsi Maluku Utara. Sekolah yang berada di bawah Yayasan Al-Ikhlas Kubung ini baru seumur jangung berdiri tepatnya pada 18 Juli 2017 yang lalu. Sekolah ini berdiri atas prakasa masyarakat, beberapa tokoh masyarakat dan Guru Al-Ikhlas mengingat pentingnya pendidikan di Desa Kubung karena harus menempuh jarak yang jauh apabila harus meneruskan sekolah lanjutan.

MTs Al-Ikhlas memiliki atap yang satu dengan MI Al-Ikhlas karena terbatasnya fasilitas pembelajaran yang dimiliki. Kondisi ini menyebabkan kegiatan belajar dan mengajar harus dilakukan di tempat yang bukan seharusnya, semisal kelas VII harus menempati ruang guru MI sehingga semua kegiatan guru MI pindah ke ruangan tamu sekolah yang disulap menjadi kantor bersama. Sekolah yang hanya memiliki 37 siswa dengan akumulasi siswa kelas VII sebanyak 14 siswa, kelas VII sebanyak 23 siswa ini meskipun harus menghadapi banyak keterbatasan namun mereka tetap semangat dalam belajar.

Bapak Mhd. Jan Marsaoly, S.Ag selaku kepala sekolah MTs Al-Ikhlas Kubung dan juga salah satu pendiri madrasah ini sangat optimis meskipun harus dihadapkan dengan keterbatasan yang ada. Beliau yakin dengan kerja keras dan komitmen bersama seluruh stakeholder yang ada, maka sekolah ini dapat maju apalagi sekolah ini saat ini mendapat kepercayaan untuk didampingi oleh KAWAN (Konsultan Relawan) SLI Dompet Dhuafa. Sekolah Literasi Indonesia dibuat untuk mewujudkan sekolah berbasis masyarakat yang berkonsentrasi pada peningkatan kualitas sistem instruksional (pembelajaran) dan pengembangan kultur sekolah. Besar harapan agar MTs Al-Ikhlas menjadi percontohan madrasah yang menerapkan Kurikulum K13. Tidak hanya itu dukungan juga hadir dari Pemerintah Desa Kubung, terbukti ketika ada kegiatan School Strategy Discussion sekolah mendapat fasilitas peminjaman LCD agar acara berjalan lancar.

Semoga dengan segala keterbatasan yang ada tidak menyurutkan semua asa siswa, guru dan pemerintah desa yang mendukung kemajuan sekolah ini sehingga besar harapan MTs Al_ikhlas dapat menjadi contoh model pengembangan peforma sekolah yang baik bagi Kabupaten Halmahera Selatan dan sekitarnya(ww)

Komentar

komentar



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044