Rasa Syukur Ialah Kunci dari Semua Permasalahan

Rasa Syukur Ialah Kunci dari Semua Permasalahan

Oleh: Bu Mahmudah

 

Tingkah remaja sekarang sangat jauh dari harapan orang tua. Banyak yang bertingkah tidak baik, walaupun masih banyak juga anak yang berprestasi di berbagai bidang. Media sosial sangat berperan dalam perilaku anak, belum lagi maraknya berita-berita kekerasan, film dan tayangan teve yang tidak mendidik ikut memperparah kondisi mental mereka karena tiap hari mereka disuguhi hal-hal seperti itu.

Kepedulian dan pengawasan masyarakat bahkan orang tua yang sangat minim terhadap perilaku  anak  menjadikan mereka hidup bebas semau mereka. Apalagi kesibukan orang tua mencari nafkah yang mengharuskan mereka berada seharian di luar rumah, orang tua menganggap bahwa dengan memenuhi semua kebutuhan anak, yang kadang sebenarnya tidak diperlukan membuat orang tua bangga. Anak dimanja dengan kemewahan,sehingga  anak berpikir bahwa hidup itu enak, ingin sesuatu tinggal minta tanpa mereka tahu betapa sulitnya cara mendapatkannya.

Di samping itu kesenjangan si kaya dan si miskin begitu jauh, hal tersebut menjadi masalah tersendiri dalam pergaulan anak, tanpa bekal akidah atau pemahaman agama yang baik maka kesenjangan tersebut menimbulkan gesekan bagi mereka. Hal kecil bisa memicu perkelahian, duel hanya karena hal sepele, padahal bisa diselesaikan dengan damai atau melalui musyawarah.

Langkah efektif yang bisa ditempuh orang tua zaman ini yakni dengan memberikan bekal kehidupan melalui pendekatan agama. Akhlak yang dipupuk dari kecil dan disiplin, Insya Allah akan memberikan pengaruh yang baik dikemudian hari. Tujuan hidup yang salah, akan berakibat fatal. Orang tua menyekolahkan anaknya dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus, gaji yang besar, tetapi hasil akademiknya tidak bagus, membuat mereka frustasi seolah–olah hidup mereka terhenti di sana. Padahal kehidupan sebenar–benarnya belum mereka alami, bagaimana mereka bisa bertahan hidup di dunia -yang kata orang- sangat keras dan sadis. Mereka jauh dari ajaran rasa bersyukur, menikmati segala proses pembelajaran apa adanya, walaupun begitu pahit.

Rasa syukur adalah kunci dari semua permasalahan yang ada. Dengan bersyukur, kekurangan akan terasa lebih. Rasa syukur akan meningkatkan kebahagiaan walau dalam kondisi yang sangat sempit, sehingga mereka tidak mudah tergoda dan tergiur dengan kepemilikan orang lain. Kesenjangan sosial tidak menjadi masalah lagi, karena bekal akidah yang sangat kuat tertanam dalam jiwa mereka.

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.