PUSAT SUMBER BELAJAR

Pusat Sumber Belajar (PSB) merupakan salah satu divisi Makmal Pendidikan yang didesain untuk mengelola semua sumber yang dapat digunakan dalam belajar, baik dalam bentuk cetak maupun audio visual, termasuk menginisiasi program dan gerakan yang dapat mengoptimalkan pembelajaran. PSB juga menyelenggarakan program pendampingan perpustakaan sekolah dan komunitas, memproduksi dan mengembangkan berbagai media pembelajaran, serta mengadakan berbagai pelatihan kepustakaan, literasi, dan media pembelajaran.

Awalnya PSB hanya melayani civitas akademika SMART Ekselensia Indonesia, namun seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap layanan PSB, maka pada 2012 PSB resmi dibuka untuk umum.

Gedung Pusat Sumber Belajar

Gedung Pusat Sumber Belajar

FASILITAS

Perpustakaan

Perpustakaan ini mewadahi kebutuhan akan buku, referensi/ rujukan dengan sarana dan prasarana lengkap. Selain perpustakaan cetak, PSB juga sedang mengembangkan perpustakaan digital.

Aktivitas di Perpustakaan SMART

Koleksi perpustakaan terdiri dari :

1. Text Book

2. Permainan Tradisional

3. Cocok Tanam

Fasilitas Cocok Tanam Dengan Metode Hidroponik

Pelatihan Hidroponik Untuk Siswa SMP

Ruang Media Pembelajaran

Ruang Media Pembelajaran dibangun untuk melayani guru dan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran. Ruangan ini terbagi menjadi dua bagian yakni zona workshop alat peraga dan zona anak berkreasi. Zona workshop alat peraga dibuat untuk memfasilitasi para guru yang ingin belajar memproduksi alat peraga sederhana. Sedangkan zona anak berkreasi adalah fasilitas untuk anak membuat kreasi dan bermain dengan edugames. Ruangan ini juga dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dengan materi alat peraga kreatif.

Belajar di Ruang Media Pembelajaran

Koleksi Media Pembelajaran terdiri dari :

Selain pengadaan alat peraga dan edugames, PSB juga memproduksi sendiri media pembelajaran yang kemudian diproduksi dalam jumlah banyak.

Berikut media pembelajaran hasil produksi PSB :

Sayembara Maharaja, diproduksi tahun 2012

Vision Set, diproduksi tahun 2013

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan (berdiri kanan depan), memberikan apresiasi kepada Sayembara Maharaja

Ruang Audio Visual

Ruang Audio Visual memberikan layanan pemutaran film edukatif dan video pembelajaran. Layanan ini dapat diakses secara gratis.

Nonton Bareng di Ruang Audio Visual

KEGIATAN PSB

Pelatihan Produksi Media Pembelajaran

Pelatihan ini diberikan untuk para guru, dengan tema “Guru Kreatif dan Inovatif”. Pada 2013, pelatihan tersebut terlaksana di Jawa Barat, Banten, dan Papua Barat. Pelatihan Produksi Media Pembelajaran bertujuan untuk memberikan petunjuk dan motivasi pada para guru agar lebih kreatif dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga.

Pelatihan Guru Kreatif di Cikokol, Banten

Pendampingan Perpustakaan

Pendampingan Perpustakaan merupakan program library capacity building untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan dan mengoptimalkan kegiatan penunjang perpustakaan. Perpustakaan dampingan PSB ada di wilayah Bogor (Jawa Barat) dan Dompu (NTT) dan akan dikembangkan di wilayah Pandeglang (Banten) dengan durasi program antara 6 hingga 8 bulan. Selain program pendampingan perpustakaan sekolah yang rutin, PSB juga mengembangkan konsep pendampingan micro library. Micro Library adalah mini perpustakaan di wilayah padat penduduk. Tahun 2014 ini, micro library akan didirikan di Taman Arjuna, Kota Bandung, Jawa Barat.

Pelatihan Manajemen Pustaka di Dompu, salah satu aktivitas pada Pendampingan Perpustakaan

Salah satu perpustakaan dampingan di SDN 15 Woja, Dompu

PSB Keliling

PSB Keliling merupakan salah satu cara untuk sosialisasi dan publikasi PSB di lingkungan sekitar, dengan cara menggelar kegiatan ke-PSB-an di sekolah, atau di tengah masyarakat. Kegiatan ini selain bertujuan untuk memperkenalkan PSB, juga untuk memberikan kemanfaatan pada masyarakat dengan menghadirkan cara belajar yang menyenangkan.

Nonton film edukatif, salah satu ragam kegiatan PSB Keliling di sekolah

Parenting, salah satu ragam kegiatan PSB Keliling di tengah masyarakat

Pesantren Literasi

Pesantren Literasi merupakan program  untuk meningkatkan  kompetensi literasi anak meliputi kompetensi membaca, menulis, menyimak dan bicara. Prrogram ini disajikan dalam pembelajaran yang interaktif, Islami dan menyenangkan. Pesantren Literasi dilaksanakan setiap bulan Ramadhan.

Para Peserta Pesantren Literasi 2013

Aktivitas Peserta di Kelas Menulis 2013

Pada 2013 Pesantren Literasi ditindaklanjuti dengan Kelas Menulis yang dilaksanakan tiap Jum’at, kegiatan ini dilaksanakan hingga akhir tahun 2013. Hasil dari program tersebut adalah terbitnya buku karya para peserta dengan judul “Celoteh Bintang Kecil di Langit Jampang”.

Gemari Baca

GEMARI BACA (Gerakan Masyarakat Cinta Literasi Dengan Membaca) merupakan kegiatan yang mengajak anak Indonesia untuk menggemari kegiatan membaca. Kegiatan membaca ini diwujudkan dengan jumlah buku bacaan yang dibaca anak-anak, yaitu 6 buku dalam satu tahun. Tidak hanya memberikan pendapat mengenai buku yang telah dibacanya, namun anak juga diharapkan dapat menceritakan kembali buku yang telah dibacanya tersebut.

Kegiatan GEMARI BACA akan diadakan secara rutin selama 1 tahun dengan mengadakan kegiatan Bedah Buku, Temu Penulis, dan lomba-lomba yang berhubungan dengan kegiatan membaca, diantaranya adalah lomba storytelling, yaitu menceritakan kembali buku yang telah dibacanya.

Para peserta sedang membaca dengan serentak pada Gemari Baca 2013

Zona PSB

Zona PSB merupakan kegiatan aktivasi PSB yang dilaksanakan setiap bulan. Kegiatan ini dilakukan di gedung PSB dengan tema dan segmentasi yang berbeda setiap bulan.

Ada 3 konten zona yang dilaksanakan :

Zona Kreasi :

Pelatihan yang bersifat vocational skill, dengan segmentasi peserta remaja hingga orang tua

Zona Kreasi Manik-Manik Untuk Para Ibu

Zona Edukasi :

Pelatihan yang bertujuan memberikan wawasan baru tentang ilmu pengetahuan populer yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

Zona Edukasi “Cara Asyik Bercocok Tanam”

Zona Bintang Kecil :

Konten Zona Bintang Kecil sama dengan Zona Kreasi hanya segmentasi pesertanya adalah anak-anak

Zona Bintang Kecil “Mewarnai Mainanku”

STRUKTUR PSB

Struktur Organisasi

Supervisor Pusat Sumber Belajar (PSB) :

Pimpinan Pusat Sumber Belajar yang bertugas menyusun perencanaan dan melakukan pengawasan dalam pelaksanaan layanan dan pengembangan Pusat Sumber Belajar.

Koordinator Perpustakaan :

Bertugas mengkoordinasikan layanan dan pengembangan perpustakaan baik perpustakaan cetak maupun perpustakaan digital

Pustakawan :

Bertugas melaksanakan teknis layanan dan aktivasi perpustakaan cetak

Pustakawan Digital :

Bertugas melakukan pembangunan dan maintenance perpustakaan digital

Staf Media Pembelajaran :

Bertugas melakukan produksi dan pengembangan media pembelajaran khas