Pengumuman Sekolah Dampingan KAWAN SLI Asahan

Pengumuman Sekolah Dampingan KAWAN SLI Asahan

 

Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia (KAWAN SLI) penempatan Kabupaten Asahan pada Kamis (12/12) mengumumkan hasil seleksi tahap dua, seleksi ini dilakukan sebagai upaya mencari sekolah yang tepat dan potensial untuk dikembangkan melalui program Sekolah Literasi Indonesia (SLI). Seleksi sekolah dilaksanakan di Kecamatan Air Joman dan Silau Laut, keduanya dipilih sebagai wilayah sasaran penerima manfaat program SLI.

 

Pada Prosesnya, terdapat tiga alur program. Pertama seleksi sekolah, kedua masa inkubasi kepala sekolah, ketiga masa implementasi dan pendampingan.

 

 

Di alur pertama, seleksi dilakukan dua tahap. Tahap pertama, berupa pengisian formulir yang diberikan kepada pihak sekolah dinilai secara administrasi, dan kedua tahap School Visit (kunjungan sekolah) secara umum bertujuan untuk melihat kondisi sekolah dan komitmen kepala sekolah serta para guru dalam menjalankan program SLI.

 

 

Sekolah yang masuk ke tahap school visit di kabupaten Asahan sebanyak 24 sekolah dari 40 sekolah, yang terdiri dari Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtida’iyah. School visit  dimulai Jum’at (23/11) hingga Jum’at (6/12). Selama proses school visit, KAWAN SLI Asahan menuai beberapa tantangan. Salah satunya yaitu akses jalan ke sekolah pada musim penghujan ini, tergenang air, berlumpur, dan  menyebabkan jalanan licin, bahkan beberapa kali hampir tergelincir. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat, melainkan lebih termotivasi, sebab Allah izinkan menjadi saksi perjuangan para guru-guru hebat, yang telah puluhan tahun menjalaninya dengan penuh keikhlasan.

 

 

Hasil school visit dijadikan acuan untuk menetapkan 12 sekolah yang akan didampingi. Memilih 12 sekolah dari 24 sekolah dengan berbagai ciri khas dan perbedaan yang dimiliki oleh masing-masing sekolah tidaklah mudah. Banyak pertimbangan yang dipikirkan dan tidak bisa terselesaikan dengan hanya berdiskusi antara KAWAN. Koordinasi dengan pengelola SLI dilakukan. Koordinasi pun tidak bisa menyelesaikan kebimbangan kami jika hanya lewat chat. Kami meminta kesediaan mas Andi, Koordinator SLI, yang berpusat di Bogor untuk berdiskusi lewat telepon. Akhirnya beliau menyanggupi dan dilakukan Selasa (10/12) dini hari setelah Salat Subuh.

 

 

KAWAN SLI Asahan memutuskan untuk mendampingi 12 sekolah dari 24 sekolah yang lolos ke tahap school visit. 12 sekolah tersebut terdiri 7 sekolah dasar dan 5 madrasah ibtida’iyah dari kedua kecamatan tersebut. 12 sekolah terpilih akan mengikuti tahap inkubasi dan implementasi program serta pendampingan. Selamat kepada 12 sekolah yang lolos untuk didampingi KAWAN SLI. Untuk mengetahui nama-nama 12 sekolah terpilih, berikut kami lampirkan di sini

 

 

 

Komentar

komentar