Pembukaan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Lingkungan Hidup

Pada hari Rabu tanggal 27 Februari 2014, Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa kembali mengadakan Pelatihan untuk para guru SDN Lalareun sebagai lanjutan daripada Program Pendampingan Sekolah berwawasan lingkungan. Sebelumnya pelatihan seperti ini pun sudah dilaksanakan di SDN Lalareun yang mengambil judul “ kebijakan sekolah berbasis lingkungan”.

Tepat pukul 09.00 tim dari PT Pertamina tiba di SDN Lalareun Desa Pangguh Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Tim yang terdiri dari Manajer Layanan Umum PT Pertamina Geotermal Energy Area Kamojang yakni Bapak Asep Rudaya beserta rombongan disambut warga SDN Lalareun. Sebelumnya sudah hadir Kepala UPTD TK dan SD Kecamatan Ibun yaitu Bapak Koswara di SDN Lalareun.

Program pendampingan sekolah berwawasan lingkungan ini sudah berjalan enam bulan di SDN Lalareun, beragam kegiatan baik yang melibatkan para siswa dan guru telah dilaksanakan, seperti pengadaan air bersih, penanaman toga, pembuatan kantin anak sehat dan pembuatan tempat sampah sudah selesai dilaksanakan.  

Kepala Sekolah SDN Lalareun Etis Surati S.Pd
 
Kepala UPTD TK dan SD Kec Ibun, Drs Koswara

Acara pelatihan ini dibuka oleh Kepala sekolah SDN Lalareun Ibu Etis Surati S.Pd, dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada PT Pertamina yang telah bersedia memberikan bantuannya kepada SDN Lalareun. Juga kepada DD Corpora dan Makmal Pendidikan yang telah memfasilitasi bantuan dari PT Pertamina tersebut. Harapannya, Program Sekolah Berwawasan Lingkungan ini  bisa menjadi pemicu untuk semua guru dan stake holder sekolah agar bisa melestarikan alam di sekitar sekolah.

Kemudian sambutan dilanjutkan dari pihak dinas pendidikan dan kebudayaan kecamatan IBUN. Dalam sambutannya, Kepala UPTD TK dan SD bapak Koswara mengharapkan agar PT Pertamina terus memberikan bantuan seperti ini kepada semua sekolah yang berada di lingkungan kecamatan Ibun. Menurut beliau, program ini belum ada di Kab Bandung. Karena menurut beliau, program sekolah adhiwiyata ini hanya berjalan di SMP dan SMA saja , sedangkan Sekolah Dasar ( SD ) masih belum dilakukan.  Dalam pengamatan beliau yang baru menjabat sekitar 2 bulan di kecamatan ibun, masih banyak sekolah yang sangat memerlukan bantuan seperti ini. Beliau pun tidak lupa mensosialisasikan rangkaian program pemerintah kabupaten bandung yakni raksa desa ( rumah, air, kaktus, sampah dan alam ). 

Sedangkan dari PT Pertamina tidak hanya memberikan sambutan saja, namun Bapak Asep Rudaya memotivasi para peserta pelatihan pada pagi hari itu dengan menjelaskan program pertamina yang ada di wilayah kecamatan ibun. Program sekolah berwawasan lingkungan ini hanya sebagian daripada program CSR PT Pertamina Geotermal Energy Area Kamojang, selain itu banyak program-program pertamina yang berbasiskan pemberdayaan masyarakat seperti herbal dan ternak domba.
 
Manajer Layanan Umum PT Pertamina, Bapak Asep Rudaya menyampaikan Motivasi untuk para peserta pelatihan

Selain itu, bapak Asep Rudaya pun mengajak para guru untuk sedikit mengetahui Geotermal yang ada di Kamojang. Dalam pemaparannya yang panjang, beliau menjelaskan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga panas bumi yang berada di kamojang sangat ramah lingkungan. Oleh sebab itu, banyak sekali orang-orang yang berkunjung ke Kamojang untuk wisata dan study banding, meski wilayahnya di kawasan petambangan. Setiap hari minggu banyak sekali orang-orang yang berwisata ke Kawah Kamojang, selain itu pada hari-hari kerja PT Pertamina Area Kamojang sering didatangi tamu-tamu dari beragam kalangan, mulai sekolah hingga perusahaan. Menurutnya, sangat ironis sekali jika melihat kedatangan tamu ke area kemojang. Karena kebanyakan tamu-tamu yang melakukan study banding itu dari luar wilayah kamojang seperti jawa tengah, jawa timur, jogya dan luar pulau jawa, sedangkan orang Ibun sendiri jarang berkunjung kesana, padahal lokasi Perusahaan ada di kawasan Ibun. Oleh sebab itu, beliau mengajak kepada para peserta pelatihan untuk mengajak
Para siswanya melakukan study banding, agar para siswa tahu dan mau untuk menjadi pegawai di perusahaan tersebut.

Cita-cita daripada perusahaan ini yakni mendambakan lingkungan yang indah dan alami. Oleh sebab itu, kawasan Perusahaan ini sangat asri dan indah serta nyaman untuk beraktivtas. Dan ini ingin ditularkan kepada sekolah-sekolah yang ada di sekitar Ibun, menurut kacamata beliau mengajarkan anak-anak tentang mencintai lingkungan akan membekas daripada kepada orang yang sudah dewasa, yang mengakhiri sambutannya. Kemudian dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, beliau membuka pelatihan pembelajaran berbasis lingkungan.

Pelatihan ini dilaksanakan dua hari yang mengambil materi kurikulum berbasis lingkungan di hari pertama dan training for trainer di hari kedua. Dalam pemaparannya, trainer memberikan tips-tips tentang membuat RPP yang berbasiskan Lingkungan serta melatih para peserta pelatihan untuk membuat RPP berbasis lingkungan dan mempresentasikannya di hadapan peserta yang lain untuk kemudian diberikan catatan.

Dalam catatannya triner mengharapkan agar para peserta pelatihan bisa menularkan apa yang di dapat dari pelatihan itu untuk para siswa di SDN Lalareun, agar program ini bukan hanya sebagai selebrasi semata, namun sebagai langkah awal dalam membangun sekolah yang bermutu dan peduli akan kelestarian lingkungan

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.



Donasi Pendidikan
Mari bantu anak-anak Indonesia agar merdeka dari kemiskinan dan kebodohan melalui :

Yys Dompet Dhuafa Republika
Rekening BNI Syariah 2880 2880 13

Kantor:
Bumi Pengembangan Insani Jl. Raya Parung Bogor KM, 42 Ds. Jampang Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat 16310

Telp:
(0251) 8610817, 861818, 8612044